Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 06 Oktober 2010

RIM Semakin Tersudut, setelah India Menolak Proposal Kunci Enkripsi

Pemerintah India menyatakan kekecewaanya terhadap usulan-usulan yang diajukan oleh manufaktur Blackberry Research In  Motion sebagai respon terhadap tuntutan pemerintah untuk mendapatkan akses ke perangkat data yang terenkripsi.

Indian Economic Times pada Jumat (1/10) menyatakan  bahwa Departemen Telekomunikasi telah menolak solusi intersepsi  yang ditawarkan oleh RIM untuk mengakses layanan korporat Email.

Lebih jauh lagi pemerintah India juga telah menolak solusi tehnikal yang diajukan RIM untuk decoding semua komunikasi percakapan pada BBM service, dan ini bertentangan dengan pernyataan yang dikeluarkan Home Ministry  terhadap solusi intersepsi layanan messaging.

Dalam sebuah internal memo  tertanggal 28 September 2010 yang ditinjau oleh ET, sayap keamanan Departemen Telekomunikasi mengklaim bahwa  lembaga-lembaga keamanan tak dapat menyadap atau memantau komunikasi email yang dilakukan melalui BlackBerry Enterprise Service (BES) dalam format yang dapat dibaca.
BlackBerry Messenger

RIM bersikukuh bahwa perusahaan tak  memiliki kunci-kunci enkripsi yang dapat ditawarkan kepada lembaga-lembaga keamanan tersebut untuk mengkonversi email korporat BlackBerry yang terenkripsi menjadi email berformat readabel, jelas seorang pejabat senior Departemen Teknologi yang mengetahui langsung perkara ini.

India Ultimatum BlackBerry

Nota internal Departemen Telekomunikasi menyatakan bahwa lembaga-lembaga keamanan India tak berhasil mengintersepsi "chat" pada platform BlackBerry Messenger, yang bertolak belakang dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri baru-baru ini bahwa pemerintah puas dengan solusi intersepsi yang ditawarkan oleh RIM.

Perkembangan terakhir terjadi kala pemerintah pusat memerintahkan semua perusahaan telekomunikasi bergerak untuk menginstal perangkat  intersepsi yang legal yang dapat memantau layanan-layanan di setiap perangkat BlackBerry. Menjadi istimewa ketika RIM  belum lama ini memperingatkan Sekretaris Departemen Telekomunikasi K. Chandrasekhar bahwa memblok BBS tidak akan menyelesaikan masalah keamanan di India tetapi akan mengakibatkan  ribuan pelaku kejahatan internet beralih ke solusi-solusi ekripsi alternatif yang banyak tersedia secara online.

Indonesia Tuntut Kode Enkripsi kepada RIM

Ketika ZDNet UK menanyakan perihal ini  kepada seorang juru bicara RIM, tak diperoleh penjelasan. RIM selain "digugat" oleh India juga menghadapi problem  UAE, Libanon, Kuwait, dan Saudi Arabia yang mengajukan tuntututan sama yaitu  akses dan kapabilitas untuk memantau informasi yang dikirimkan dari perangkat BlackBerry baik itu email, messaging dan layanan-layanan web browsing.

(ZDNet UK | economictimes.indiatimes.com | Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget