Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 06 Oktober 2010

Polisi Inggris Tangkap Maling Cyber Bank HSBC dan Royal Bank Of Scotland

Polisi Inggris telah meringkus 10 orang yang merampok jutaan pound dengan menaklukan layanan perbankan online dan mencuri dana nasabah pada bank-bank terkemuka seperti HSBC dan Royal Bank of Scotland dengan menggunakan trojan Zeus.

Satu orang lainnya telah ditahan dan dituduh dengan tuduhan kepemilikan dokumen-dokumen identitas palsu terkait dengan operasi Police Central eCrime Unit, terang pihak polisi pada Rabu (29/9) lalu.

Botnet mampu mencuri data rekening bank

11 pelaku yang berasal dari Eropa Timur telah hadir dalam persidangan di Camberwell Green Magistrates pada Kamis untuk sesi dengar prosedural, ungkap ZDNET UK.

Seluruh terdakwa telah diserahkan kedalam tahanan pengadilan. Mereka telah ditahan pada Selasa lalu di sejumlah lokasi di Essex dan di kantor-kantor polisi London pusat.

Para pelaku cybercrime --yang menggunakan trojan bernama Zeus-- berasal dari negara-negara Eropa Timur; Ukraina, Latvia, Estonia dan Belarus-berusia antara 23 dan 33 tahun. Mereka didakwa melakukan konspirasi melakukan kejahatan cyber pada bank HSBC, RBS, Barclays Bank dan Lloyds TSB antara 13 Oktober 2009 dan 28 September 2010.

Mereka dicurigai menggunakan trojan pencuri data : Zeus untuk memanen informasi detail nasabah, yang kemudian digunakan untuk mengambil uang dari semua rekening korban. Para pelaku yang dituduh melakukan konspirasi adalah; Yuriy Korovalenko, Yevhen Kulibaba, Karina Kostromina, Aleksander Kusner, Roman Zenyk, Eduard Babaryka, Valerij Milka, Iryna Prakochyk, Ivars Poikans, and Kaspars Cliematnieks.

Delapan terdakwa; Korovalenko, Kulibaba, Kostromina, Kusner, Zenyk, Babaryka, Poikans and Cliematnieks juga didakwa melakukan pencucian uang. Terdakwa ke-11 Zurab Revazishvili seorang warga negara Georgia berusia 34 tahun telah didakwa dengan dakwaan kepemilikan paspor Lithuania milik orang lain.

Kepolisian Metropolitan London telah menahan 20 orang dalam serangkaian penyergapan pada Selasa. Polisi percaya bahwa 19 orang telah terlibat dalam pencurian sebesar 6 juta pound dan di banyak rekening bank-bank Inggris. Detektif Superintenden Charlie McMurdie menyatakan kepada ZDNet UK pada Rabu bahwa tuduhan tindakan fraud memiliki cakupan internasional dan dapat mengakibatkan kerugian dalam jumlah besar.

(ZDNet UK | Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget