Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 30 Agustus 2010

Jepang Tingkatkan Aksesibilitas Masyarakat Terhadap E-Government Dengan Komputasi Awan

jetwit.com
Beberapa waktu lalu pada Agustus 2010 ini, Pusat Informasi Perfektur Tottori (TIC) dan KOA Corporation telah mengumumkan  menjalankan sebuah proyek besar yang memberikan perubahan besar yang memperbaiki akses publik ke layanan-layanan online pemerintah dengan membangun Web Accessibility Cloud Center. Upaya ini diadopsi oleh Kementerian Urusan Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, sebagai bagian dari Information and Communication Furusato Genki Project.
jahmp.org

Information and Communication Furusato Genki Project adalah sebuah upaya untuk memberdayakan wilayah-wilayah di Jepang, akan membangun website resmi perfektur Totori dan secara dramatis akan meningkatkan akses masyarakat ke layanan-layanan publik yang penting yang saat ini masih sulit untuk dijangkau.

Memberikan kemampuan kepada masyarakat, termasuk masyarakat usia lanjut dan masyarakat dengan keterbatasan fisik, untuk mengakses informasi pemerintah dengan mudah telah menjadi isu yang penting bagi lembaga-lembaga pemerintah. Sementara lembaga-lembaga pemerintah lokal menyajikan informasi penting bagi publiknya melalui halaman-halaman web-- ribuan, ratusan ribu halaman di setiap web milik sebuah lembaga publik--banyak masyarakat yang terus-menerus menghadapi hambatan-hambatan dalam mengakses layanan-layanan pemerintah berbasis web.

TIC, KOA bersama-sama dengan IBM akan melakukan kerjasama untuk membangun perbaikan aksesibilitas sistem yang akan memampukan semua warga Jepang yang mem-browsing halaman-halaman web pemerintah dan pemilik website untuk berkolaborasi dan berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kemudahan akses ke website. Melalui sistem peningkatan aksesibilitas, pengguna dapat melaporkan berbagai hal terkait aksesibilitas yang mereka hadapi saat melakukan jelajah sebuah halaman web. Setiap laporan dan permohonan perbaikan aksesibilitas yang disampaikan oleh pengguna akan disimpan di dalam sebuah Web Accessibility Cloud Center yang akan memudahkan site designer secara cepat mengatasi permasalahan yang muncul dan mengatasi semua isu aksesibilitas.

www.mitsue.co.jp
Masumi Taniguchi, CEO Tottori Prefecture Information-Center beruajr :"sistem peningkatan aksesibilitas yang baru akan memberikan manfaat kepada pemerintahan-pemerintahan di daerah seperti Perfektur Tottori yang mencari cara-cara yang akan memberikan kesempatan kepada masyarakat berpartisipasi secara aktif dan berkolaborasi untuk membantu perbaikan layanan-layanan publik, yang banyak diantaranya belum dapat menjangkau seluruh masyarakat.

Sistem perbaikan aksesibilitas misalnya akan memampukan warga yang mengalami keterbatsan penglihatan untuk dapat melaporkan hal terkait aksesibiltas, seperti kesulitan untuk memahami informasi yang ditampilkan dalam bentuk diagram atau gambar pada halaman web, dengan cara yang sederhana. Dengan melihat permintaan pengguna yang telah dilaporkan, seorang renovator dapat dengan mudah menambahkan sebuah teks alternatif untuk menjelaskan diagram atau gambar. Teks alternatif tersebut lalu disimpan di Web Accessibility Cloud Center dalam bentuk metadata eksternal


Setiap kali pengakses mengunjungi halaman web tersebut, teknologi terbaru IBM secara otomatis akan memuat teks alternatif tambahan tersebut sehingga pengakses dapat memahami diagram atau gambar. Dengan menyimpan metadata eksternal di Cloud Center, maka Web Content tidak mengalami perubahan sementara dilakukan perbaikan aksesibilitas ke halaman web dalam waktu yang singkat.

tecaccess.net
"Meningkatnya ketergantungan pada internet telah menjadikan internet sebagai infrastruktur penting bagi masyarakat, dan sebaliknya meningkatkan berbagai tuntutan aksesibilitas web untuk menjamin keteraksesannya bagi seluruh masyarakat," ungkap peneliti IBM Hironobu Takagi. "Untuk membantu Tottori menjadi lebih terbuka, akuntabel dan demokratis, kami melakukan pendekatan yang unik untuk memperbiaki akses ke layanan-layanan publik berbasis web melalui kolaborasi dengan warga masyarakat melalui penerapan teknologi-teknologi aksesibilitas unggulan dan keahlian sistem perbaikan aksesibilitas yang sedang dibangun."

Web Accessibility Cloud Center akan dibangun di data center TIC dan akan dikelola oleh TIC. TIC juga akan bekerjasama dengan warga yang mengalami keterbatasan fisik,  juga rencana-rencana  untuk memperkuat para renovator dengan mempergunakan berbagai perangkat yang disediakan oleh sistem perbaikan aksesibilitas sehingga memberikan kesempatan kepada kelompok masyarakat usia lanjut dan yang mengalami keterbatasan fisik untuk memiliki akses ke pengetahuan dan keterampilan baru, serta menciptakan berbagai peluang kerja.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget