Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 02 Juli 2010

United Nations Public Service Awards (Bagian akhir) :Kerangka Arsitektur Enterprise Nasional & e-Health


Oman memiliki sebuah sistem informasi kesehatan bernama Al-Shifa yang dikembangkan sendiri oleh Kementerian Kesehatan untuk mengelola data pasien secara moderen. Sementara Bahrain mengokohkan keandalan implementasi e-Government dengan mengembangkan Enterprise Archetecture Framework di tingkat nasional.


Sebelumnya :
+ Bagian 1
+ Bagian 2
+ Bagian 3
+ Bagian 4
+ Bagian 5

Kawasan Asia Barat

Pemenang I : Oman
Inisiatif :692 - Hospital Information System
Institusi : Ministry of Health

Aplikasi e-Health yang disebut Al-Shifa merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dimiliki oleh Kementerian Kesehatan. Al-Shifa dirancang berdasarkan konsultasi dan kolaborasi antara pengembang-pengembang aplikasi di Kementerian Kesehatan dengan para end users (staf medis), dan dengan mengadopsi penerapan berbagai fasilitas kesehatan terkenal di seluruh dunia, yang sesuai dengan lingkungan operasi Oman.

Sistem ini melakukan audit alur rekaman-rekaman informasi sebelumnya untuk melakukan perubahan-perubahan, membuat detail-detail semua perubahan, dan detail pengguna yang melakukan perubahan-perubahan, serta tanggal dan waktu perubahan.

Sistem ini sangat membatu kecepatan dalam pemrosesan data pasien dan memberikan perlindungan dan keamanan data agar tak hilang, data pasien juga akan tersaji dalam format yang lebih sesuai sehingga dapat menginformasi rekam medis yang profesional. Untuk memahami situasi kesehatan pasien dan menentukan jenis tindakan medis sangat membutuhkan waktu untuk memperoleh data pasien yang lengkap, dan berkat sistem Al-Shifa dapat menghemat waktu hingga 60% untuk melacak dokter atau perawat terakhir yang merawat sehingga tindakan medis untuk klarifikasi sehingga tidakan medis terhadap pasien dilakukan sebagai sebuah kesinambungan.


Pemenang II : Bahrain
Inisiatif : 741- National Enterprise Architecture Framework
Institusi : eGovernment Authority, Kingdom of Bahrain

Otoritas e-Government telah menjalankan sebuah inisiatif untuk mendisain Enterprise Architecture Framework di level nasional (NEAF) sebagai sebuah model percontohan untuk mempelajari peran lingkungan lingkungan arsitektural sektor publik.

NEAF terdiri dari :
(1) Refrensi Arsitektur
(2) Standards & Best Practices
(3) Pedoman-pedoman dan kebijakan-kebijakan yang mengatur penatalaksanaan dan kepatuhan rutinitas yang harus dilakukan oleh setiap kementerian/instansi.

Disain Enterprise Architecture adalah sebuah fase pendekatan yang meliputi ; baseline architecture (AS-IS), target architecture (To-Be), gap analysis dan terakhir implementasi rodmap dan rencana migrasi.


(Martin Simamora | UNPAN)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget