Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 21 Juli 2010

Sistem Data Base Tunggal & Interoperabilitas Tingkatkan Kemampuan Kerja Kepolisian Inggris


Enam kesatuan polisi di Timur Inggris telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertahanan untuk membangun sistem perekaman atau penyimpanan data bersama dengan membangun Pusat Data tunggal. Data Base tunggal ini meliputi ; Essex, Cambridge, Hertfordshire dan Bedfordshire constabularies. Platform data base tunggal semacam ini akan membantu perbaikan keamanan publik, mendeteksi kriminal dan membawa lebih banyak pelaku kriminal ke pengadilan.

Data base bersama akan membantu upaya untuk melenyapkan banyaknya pusat-pusat data yang terpisah atau parsial, yang selama ini menggunakan berbagai sistem berbeda di setiap kesatuan polisi. Database bersama akan memberikan kemampuan bagi pihak kepolisian untuk melakukan pertukaran referensi/data dengan cepat.


Chief Inspector, Andy Gratrix, seorang CIO yang memimpin pelaksanaan inisiatif ini di kota-kota yang berada di dalam Cambridge Constabulary, dilansir dari Public Technology (14/7/2010) menyatakan :"Kami bersama-sama dengan MoPI mulai membangun Unified Database sebagai bagian dari pelaksanaan Bichard Enquiry, dengan tujuan untuk untuk meninjau dan memperbaiki efektifitas penyimpanan rekaman/data intelijen polisi. Kesatuan-kesatuan polisi di kawasan Timur Inggris kini telah menerapkannya dan pelaksanaan inisitaif ini menjadi permulaan pendekatan gabungan yang akan menjadikan semua data yang ada akan digunakan sebagai bukti vital untuk mencegah kejahatan dan terorisme".

Penggabungan data base kesatuan- kesatuan polisi di enam constabulary, tak hanya memberikan kemampuan layan yang memenuhi skala ekonomi, tetapi juga dapat menciptakan sebuah sistem yang sangat akurat dan efektif yang pada puncaknya membuat polisi dapat melindungi masyarakat jauh lebih baik.


"Selama ini departemen-departemen di kepolisian harus berupaya keras untuk berkomunikasi dengan berbagai sistem yang tidaka dapat saling berkomunikasi satu sama lain (interoperabel), yang menghambat pembentukan sistem akses informasi yang tunggal", ujar Andy

"Untuk kali pertama, kesatuan-kesatuan polisi di kawasan Timur berhasil melakukan kerjasama kolaboratif dengan menjalin kontrak-kontrak dengan Kementerian Pertahanan, DE&S ISS, via sebuah vendor : Akhter Computers Plc yang telah menjalin kontrak dengan kementerian pertahanan sejak tahun 1980."

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget