Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 09 Juni 2010

Malaysia Tingkatkan Kerjasama ICT Dengan Korea Selatan


Korea memiliki pesona tersendiri di sektor teknologi selain sebagai pengembang industri teknologi yang semakin kokoh dan penerap e-Government yang mampu membuktikan manfaatnya sebagaimana yang banyak didengungkan oleh banyak teori dan buku-buku e-Government. Kini Malaysia ingin meningkatkan level kerjasamanya dengan Korea Selatan ke tingkatan yang lebih tinggi.

Malaysia tak ingin kerjasama dengan Korea Selatan hanya di tingkat moderat saja. Menteri Komunikasi Informasi dan Kebudayaan, Datuk Seri Dr Rais Yatim menyatakan bahwa Malaysia berharap agar kerjasama yang memperkokoh hubungan diplomatik kedua negara dapat diterjemahkan kedalam berbagai proyek terkait ICT, apalagi kini hubungan diplomatik kedua negara memasuki usia ke 20 tahun.

Menteri Rais dikutip Plaza eGov dari thestar.com.my (27/5) menyatakan, Malaysia akan berupaya meluaskan kerjasama dengan Korea Selatan ke area-area ICT yang menjadi kekuatan industri Korea Selatan. "Kita akan melihat bagaimana Korea dapat menjadi unggul dan menjadi nomor satu di sektor ICT, dan bagaimana Korea memberdayakan ICT di desa-desa pelosok negerinya, disamping mengedukasi generasi muda Korea menggunakan ICT untuk memperoleh penghasilan, terutama di konten industri. Ini adalah area-area yang menarik dan kami akan mencoba menggali beberapa diantaranya," ujar Rais saat berada di World Information and Communications Summit: WICS 2010, Korea.

Rais juga menyatakan bahwa Korea memiliki program pengembangan animasi dan riset komputer grafis 3 dimensi yang digunakan dalam pembuatan filem-filem fiksi seperi Avatar. "Sektor ini sungguh menarik dan akan memberikan keuntungan bagi kedua negara. Kami sungguh tertarik dengan ICT Korea sebagai Champion industri yang dibuktikannya dengan menjadi pencipta teknologi-teknologi unggul di level internasional. Jadi kita harus belajar bagaimana Korea mampu menjual animasi, filem, budaya dan keahlian sinematografi ke luar negeri," ujarnya.

Semua instansi pemerintah Malaysia yang terlibat dalam pengembangan ICT harus belajar pengembangan ICT di Korea dan mengajukan proposal-proposal kepada pemerintah untuk mengemulasi keberhasilan Korea. Kerjasama Malaysia-Korea di bidang ICT juga diperkuat dengan program-program pelatihan ICT yang melibatkan Malaysian Communications and Multimedia Commission dan Korean Communications Commission serta praktisi ICT kedua negara.

"Sebagai negara yang berpengalaman, Korea terus memperkokoh persahabatannya dengan semua negara berkembang, sehingga Asia secara keseluruhan tidak akan tertinggal di sektor ICT. Kami, Malaysia akan menggunakan kesempatan ini sebagai sebuah permulaan baru dimana ICT menjadi bagian dari gaya hidup yang membawa berbagai keuntungan; ekonomi, budaya dan industri,"ujar Rais.

(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget