Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 25 Juni 2010

Korea Selatan Berkolaborasi Dengan Singapura & Vietnam Kembangkan E-Government


Pemerintah Korea Selatan yang unggul dalam implementasi e-Government dan administrasi publik dan menjadi salah satu acuan bagi banyak negara lain baik di kawasan Asia dan lainnya terus meluaskan kolaborasinya dengan berbagai negara. Kali ini dalam waktu yang berdekatan, Korea Selatan berkolaborasi dengan Singapura dan Vietnam.

Kerjasama antara Korea Selatan dan Singapura terjalin pada Rabu (16/6), ditandai dengan penandatangan MOU kerjasama e-Government antara Repubik Singapura dengan Republik Korea. Kemitraan ini bertujuan meningkatkan berbagai peluang kolaborasi e-Government diantara kedua negara.

MOU yang ditandatangani oleh Kim Seang-Tae, National Information Society Agency, Republic of Korea dan RADM(NS) Ronnie Tay, Chief Executive Officer, Infocomm Development Authority of Singapore menciptakan sebuah kerangka kerja yang lebih besar untuk berbagai upaya kerjasama. Kedua negara, berdasarkan MOU akan :
(1) Berkolaborasi pada proyek-proyek e-Government
(2) Saling mendukung penyelenggaraan berbagai workshop dan konfrensi dengan memfasilitasi pengiriman delegasi, panel para ahli dan pembicra, dan
(3) Melakukan pertukaran informasi, pengetahuan dan pengalaman e-Government

Kerjasama kedua negara diyakini tak hanya menguntungkan Korea Selatan dan Singapura tetapi akan berkontribusi kepada negara-negara Asia lainnya. Ronnie Tay disitat gov.sg menyatakan: kolaborasi semacam ini akan memungkinkan kedua negara untuk saling berbagi keahlian dan pengalaman menggerakan pembangunan-pembangunan layanan e-Government ke tingkat yang lebih tinggi.

Sementara Kim Seang-Tae berujar:"Melalui kemitraan ini kedua pemerintah akan meningkatkan kerjasamanya. Ini tak hanya sebatas pengembangan lebih lanjut standar-standar e-Government kedua negara, namun akan membantu kedua negara untuk meningkatkan pertukaran pengetahuan dam pengalaman e-Government dengan negara-negara lain di Asia.

Kerjasama Korea Selatan dengan Vietnam ditandai dengan penandatangan kesepakatan kerjasama pada 18 Juni 2010 untuk mempromosikan pelaksanaan komputerisasi di Hanoi. Kerjasama ini telah dirintis oleh Kementerian Informasi dan komunikasi Vietnam dan Ministry of Administration and Public Security pada Agustus 2009 lalu.

Deputi Kementerian informasi dan Komunikasi Vietnam, Nguyen Minh Hong berujar bahwa kerjasama akan memfasilitasi pembangunan e-Government di Vietnam. Untuk tahun 2010 kedua negara akan meningkatkan kerjasama dibidang pelatihan IT dan Vietnam akan berpartisipasi dalam program pelatihan IT (KOIL) yang diselenggarakan oleh pemerintah Republik Korea.

Kedua negara juga akan mendorong kemitraan sektor pemerintah-swasta untuk mempromosikan kerjasama pemerintah dan dunia bisnis kedua negara. Juru bicara pemerintah Korea Selatan menyatakan bahwa Vietnam telah melakukan upaya yang sangat besar dalam pembangunan IT dan strategi komputerisasi dan merasakan keuntungannya yang berkontribusi besar terhadap akselerasi proses pembangunan e-Government di Vietnam.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget