Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 15 Juni 2010

Inggris Jalankan Keterbukaan Informasi Publik Yang Lebih Luas Untuk Kontrol Defisit

Perdana Menteri Inggris yang baru saja terplih, David Cameron belum lama ini menegaskan bahwa keterbukaan data atau informasi kepada masyarakat adalah bagain dari rencana radikal untuk mendorong tranparansi yang lebih luas dalam pelayanan publik. Penerapannya dimulai dari penyampaian data gaji semua pejabat pemerintah senior kepada masyarakat sebagai upaya membangun partisipasi publik untuk mengontrol pengeluaran pemerintah.

Dalam sebuah surat yang ditujukan ke semua departemen pemerintah, Cameron memaparkan rencana-rencananya yang ambisius untuk membangun keterbukaan data pemerintah dan menetapkan tenggat waktu kepada semua badan publik untuk mempublikasikan kepada publik berbagai informasi termasuk; kriminal, penyakit infeksi dan pengeluaran pemerintah.

Semua departemen pemerintah Inggris akan memulainya dengan mempublikasikan data baru dan dimulai dengan data semua gaji yang diterima oleh para pejabat senior pemerintah Inggris. Cameron dilansir dari deccanherald (5/6) menyatakan:"Transparansi yang lebih besar di seluruh negeri adalah jantung komitmen yang diusung bersama-sama untuk memampukan masyarakat mengontrol para politikus dan badan-badan publik untuk bertanggungjawab, mengurangi defisit dan menjamin pengeluaran uang negara yang optimal untuk kepentingan publik.

Implementasi kebijakan ini juga akan memberikan berbagai keuntungan ekonomi sebab organisasi-organisasi nir laba dan bisnis dimungkinkan untuk membangun berbagai aplikasi inovatif dan website yang menggunakan data pemerintah, papar Cameron dalam suratnya.

Perdana Menteri David Cameron dalam surat tersebut juga memaparkan komitmen-komitmen utama termasuk mempublikasikan semua kontrak ICT yang dilakukan oleh pemerintah pusat mulai Juli 2010 dan mempublikasikan semua pengeluaran departemen untuk berbagai proyek pembangunan internasional mulai Januari 2011.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget