Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 23 Juni 2010

E-Government Tunisia Perkuat Pemerintahan & Perekonomian (Bagian 1)

Bersamaan dengan seremonial pemberian penghargaan UN Public Service Award pada Jumat (23/6), Tunisia menduduki posisi teratas di kawasan Afrika dalam United Nations e-government Survey 2010 dan menjadi salah satu penerima UN e-Government Survey Special Award 2010, sebab unggul dalam pelayanan publik yang berorientasi kepada kepentingan publik dan memberikan kekuatan untuk membangun perekonomian nasional.

Tunisia dalam dua dekade mengalami perubahan yang istimewa di sektor teknologi dan internet yang mempercepat kemajuan sektor-sektor organisasi, komersial dan teknologi. Kemajuan sektor-sektor tersebut menjadikan semuanya sebagai pilar utama dalam aktivitas ekonomi dengan menerapkan mekanisme-mekanisme moderen yang memberikan daya saing yang lebih baik, lebih menarik untuk investasi dan intensifikasi perdagangan, serta ekspor dalam sebuah ekonomi internasional yang ditandai dengan keterbukaan dan kompetisi.

Tunisia sejak 1987 lalu telah memperkaya sektor telekomunikasinya dengan berbagai pencapaian yang memberikan dampak : terlampauinya target-target tiga dekade terakhir. Presiden Tunisia, Ben Ali memiliki program bertajuk :"A propotius ground for a knowledge-based economy".

Mulai tahun 1999, Tunisia berhasil medigitalisasi semua infrastruktur telekomunikasi tetatap, dengan tingkat densitas telekomunikasi (kabel/mobile) mencapai 90,37 sambungan per 100 jiwa pada 2008, meningkat tajam dari 3 sambungan per 100 jiwa pada 1987. Secara umum Tunisia berhasil membangun infrastruktur telekomunuikasinya dengan meyakinkan:

+ Jumlah pelanggan telepon hingga akhir Juni 2008 mencapai :
- 1,25 juta sambungan telepon kabel
-8,12 juta sambungan telepon selular

+ Memperkokoh densitas telepon melalui sejumlah teknologi sehingga mencapai 90,9% pada akhir Juni 2008

+ Menyelesaikan digitalisasi total pada semua jaringan telepon sejak 1999

+ Membangun dan memodernisasi jaringan terstruktur nasional untuk transmisi data dan internet

+ Memperkuat jaringan telepon kabel di daerah pedesaan, teknologi radio dan mobile

+ Pembangunan telekomunikasi internasional dan memperkuat koneksi Tunisia ke jaringan-jaringan telekomunikasi internasional

+ Mengembangkan infrastruktur-infrastruktur telekomunikasi pada level nasional dan regional untuk menjamin koneksi ke pusat-pusat riset dan pertukaran data.

+ Melakukan penguatan pada jaringan komersial dan meningkatkan proksimitas layanan-layanan pelanggan.

+ Mengimplementasikan beberapa proyek untuk menjamin komunikasi kecepatan tinggi melalui ADSL dan mendisain sebuah rencana untuk mengembangkan sistem ini secara progresif di semua kawasan dan menurunkan biaya berlangganan telekomunikasi untuk kelompok keluarga, pelanggan swasta dan perusahaan-perusahaan.

+ Membuat kerangka legal yang tepat dan regulasi untuk menguatkan kontribusi sektor swasta dalam penyiapan dan pengoperasian jaringan-jaringan, menjamin layanan-layanan koneksi dan mempromosikan investasi-investasi yang memiliki nilai tambah terhadap layanan-layanan terutama melalui ;

- Pengumuman kode baru komunikasi pada 2001
- Membentuk konsesi untuk membangun dan mengoperasikan jaringan telepon mobile kedua sebagaimana diatur dalam Decree 2004-978
- Memodifikasi status legal National Office of Communications menjadi perusahaan perseroan terbatas sebagaimana diatur dalam undang-undang 2004-20
- Melepas 35% saham Tunisie Telecom kepada mitra strategis

~bersambung~

(Martin Simamora| globalarabnetwork.com)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget