Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 01 Juni 2010

E-Government Instrumen Penting Untuk Membangun Good Governance


Kotamadya Indjija menjadi penanda bagi Serbia untuk memasuki era baru, pelibatan e-Government yang komprehensif untuk membangun pemerintahan yang tertata dengan baik atau good governance. Kini masyarakat dapat menikmati berbagai layanan publik melalui website yang memberikan ragam layanan mulai penerbitan dokumen-dokumen publik yang umum hingga pemberian berbagai lisensi dang surat-surat izin. Teknologi e-Government juga menciptakan Citizen Assistace Center, sebuah layanan publik yang istimewa bagi rakyat.

Indjija kini menjadi kotamadya yang memiliki teknologi e-Government yang paling unggul di Serbia, sejak negara ini menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Kotamadya Indija dengan Microsoft pada Desember 2004 lalu. Kerjasama ini memberikan keunggulan teknologi bagi Indja memberdayakan teknologi informasi untuk mengelola berbagai operasi pemerintah kotamadya dan perusahaan-perusahaan utilitas publik, sehingga menjamin layanan publik yang sangat baik.

Keberhasilan pembangunan e-Government yang komprehensif tidak lepas dari komitmen pemimpin pemerintah setempat untuk menciptakan teknologi administrasi publik yang paling maju, dengan melakukan invstasi teknologi tinggi dan pendidikan IT, dan mengotomatisasi hampir semua layanan masyarakat melalui Sytem48, dan pemerintah memilih teknologi Microsoft untuk mewujudkan sebuah sistem e-Government yang andal.

Kerjasama keduanya bukan sekedar membeli teknologi namun sebuah kemitraan untuk melakukan pengembangan bersama berbagai solusi teknologi informasi yang baru untuk kepentingan manajemen pemerintah lokal, yang dapat direplikasi oleh pemerintah kotamadya lainnya.

Kini Indjija dilansir dari indjija.net (27/5/2010) memiliki Citizen Assistance Center, sebuah layanan yang bersifat One Stop Shop dimana semua pelayanan administrasi diselenggarakan telah membuat semua layanan administrasi Indija bagi masyarakat dan dunia bisnis lebih mudah diakses dan nyaman. Citizen Assistance Center adalah sebuah bagian yang terintegrasi dengan administrasi pemerintah kotamadya Indija yang dirancang untuk menyediakan akases yang mudah ke hampir semua pelayanan penting yang diselenggarakan oleh pemerintah kotamadya. Citizen Assistance Center di Indjija adalah yang pertama di Serbia.

Citizen Assistance Center adalah sebuah tempat yang sangat tertata, dimana semua 17 perwakilan departemen yang ada di pemerintahan kotamadya hadir di pusat layanan masyarakat untuk membantu masyarakat dengan cepat dan akurat. Citizen Assistance Center juga melayanani layanan yang diberikan oleh lembaga-lembaga pemerintah pusat yang disebut "tax administration and cadastre services". Belasan pemerintah kotamadya di Serbia telah berhasil mereplikasi Citizen Assistance Center.

(Martin Simamora | indjija.net)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget