Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 11 Mei 2010

Uni Emirat Arab Beraliansi Dengan EADS Untuk Bangun Proteksi Infrastruktur Nasional Kritikal

Uni Emirat Arab menjalin aliansi strategis dengan European Aeronautic Defence and Space Company (EADS) melalui kemitaraan dengan Khalifa University of Science, Technology and Research (KUSTAR) untuk menyediakan pelatihan keamanan cyber bagi UAE. Kemitraan ini difokuskan untuk perlindungan infrastruktur nasional kritikal termasuk e-Government.

Aliansi EADS dengan KUSTAR juga melibatkan sebuah perusahaan lokal : C4 Advanced Solutions (C4AS) akan membantu UAE memperkecil kesenjangan keterampilan di sektor keamanan cyber yang semakin mengemuka, yang meliputi perlindungan akun-akun dan dokumen-dokumen komputer terhadap penyusupan via internet oleh pengakses tak terotorisasi .


Aliansi yang terjalin antara EADS dan KUTSAR semakin memperkuat tren pembentukan kemitraan antara perusahaan-perusahaan pertahanan dan ruang angkasa, dengan badan-badan akdemik lokal untuk membantu UAE mewujudkan target-targetnya yang terkait dengan membangun sumber daya manusia berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Andy Warnes, Regional Head of Business Development, EADS Defence and Communications Systems, dikutip Plaza eGov melalui thenational.ae (9/5/2010) berujar :"Kami ingin menjadi net contributor bagi komunitas setempat, baik dalam rangka pemberdayaan warga Emirat dan transfer teknologi ke UAE, ungkapnya.

"Menjadi sangat penting bagi kami untuk terlibat dengan universitas-universitas berkelas dunia di UAE." Kemitraan berskala luas akan membawa kemitraan menciptakan "Cyber Operations Center of Excellence" dengan fokus utama pada proteksi infrastruktur nasional yang kritikal, seperti pusat-pusat pembankit listrik, fasilitas-fasilitas minyak dan gas, termasuk Infrastruktur informasi kritikal seperti server-server pemerintah dan jaringan-jaringan IT.


EADS dan C4AS akan berpartisipasi membentuk kerjasama akademik dalam bentuk joint venture yang telah menghasilkan Emiraje Systems. Cyber Security telah menjadi disiplin ilmu baru di UAE. Pada 2007 lalu Telecommunications Regulatory Authority (TRA) telah membentuk UAE Computer Emergency Response Team (aeCERT).

Kepolisian Abu Dhabi, salah satu keemiran utama di UAE pada Maret 2010 telah mewisuda angkatan pertama para perwira cyber crime, termasuk diantaranya 15 perwira yang direkrut dari lulusan Zayed University, program Master of Science course dalam bidang Cyber Security. Sementra KUSTAR yang berdiri pada 2007 adalah salah satu universitas yang dibentuk untuk menanggulangi kelangkaan ahli-ahli tehnik.

(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget