Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 24 Mei 2010

New Delhi Operasikan Pusat Operasi Keamanan Intelijen Antisipasi Ancaman Teroris

Kepolisian negara bagian New Delhi dan kepolisian negara bagian Uttarkhand telah mengoperasikan sebuah pusat operasi keamanan intelijen atau intelligent Security Operations Center (iSOC) untuk memantau lalu-lintas . Teknologi iSOC dilengkapi dengan kamera CCTV cerdas dengan kemampuan analisa intelijen dan sistem pencadangan data. iSOC memiliki peran strategis lainnya : mendeteksi ancaman teroris sedini mungkin.

iSOC beroperasi di empat kota dan menggunakan kamera-kamera CCTV yang memiliki IP tetap, berkemampuan zoom dan berotasi dan dipasang di 40 lokasi tersebar di New Delhi, Dehradun, Kshipur dan Rudrapur.

Pengoperasian iSOC memiliki dua tujuan ; untuk memantau lalu-lintas, dan memberikan kemampuan respon cepat terhadap berbagai potensi ancaman teroris, jelas Sanjay Agrawal, Chief Information Officer National Highway Authority of India, dikutip Plaza eGov dari FutureGov (20/5). "Tujuan mendasar pengoperasian kamera-kamera ini untuk memonitor kondisi lalu-lintas jalan raya dan memiliki kemampuan melihat obyek/subyke dengan jelas berkat kemampun kamera melakukan zoom in pada berbagai insiden yang terjadi di jalan raya, langsung dari ruang kendali. Sebagai bagian sistem manajemen jalan raya, ada sebuah rencan untuk menempatkan kamera-kamera di setiap 2 kilometer jalan raya nasional di waktu mendatang.


Kamera-kamera yang dioperasikan oleh iSOC memiliki fitur multi penyimpanan untuk mencegah kehilangan data dan analisa intelijen gabungan, seperti kemampuan mendeteksi secara otomatis parkir ilegal dan pelanggaran lalu lintas.
Mumbai menjadi kota pertama yang telah dilengkapi dengan 100 kamera CCTV yang ditempatkan di persimpangan-persimpangan jalan utama pada 2007 lalu. Sebuah rencana ambisius akan melengkapi kota tersebut dengan 5.000 kamera CCTV, rencana ini gagal diwujudkan tahun lalu sebab pengadaannya mengalami penundaan.


(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget