Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 18 Mei 2010

Moskow Akan Terapkan E-Government Sepenuhnya Pada 2011

Deputi Perdana Menteri Sergey Sobyanin menyatakan Rabu (12/5/2010) lalu bahwa sebuah sistem dokumentasi elektronik atau lebih dikenal sebagai e-Government akan diimplementasikan dalam skala penuh pada 2011 mendatang, ungkapnya dalam sebuah pertemuan dengan Kementerian Press dan Komunikasi.

"Kita harus melangkah ke dokumentasi antarinstansi pemerintah secara elektronik," ujar Sobyanin. Pada September 2009 lalu Presiden Dmitry Medvedev, dikutip Plaza eGov melalui themoscowtimes.com mengkritisi intansi-instansi yang melakukan penundaan implementasi e-Government, dan mengancam akan memotong anggarannya dan menunjuk Sobyanin sebagai pengawas pelaksanaan program.


Inisiatif e-Government adalah bagian dari program nasional yang ditujukan untuk membangun masyarakat informasi di Rusia. Bulan April lalu website Gosuslugi.ru telah diresmikan, berfungsi menyajikan berbagai layanan pemerintah sistem online. Sejauh ini website tersebut berfungsi sebagai panduan untuk melakukan dokumentasi dan prosedur-prosedur birokrasi, dan belum sampai ke taraf menghilangkan antrian masyarakat selama berjam-jam untuk mendaftarkan properti, mengajukan pensiun atau membuka sebuah bisnis.


Kini pemerintah mengoperasikan sejumlah layanan publik berbasis web, tercatat 2.700 warga mengajukan aplikasi pembuatan paspor melalui Gosuslugi.ru, jelas Federal Migration Service. Namun banyak pemohon paspor yang mengungkapkan keluhan-keluhannya di berbagai komunitas online, yaitu masih diharuskan datang ke kantor FMS untuk mengambil foto, dan melakukan konfirmasi e-mail yang memakan waktu lama dan lebih cepat jika mendatangi kantor FMS.


Jumlah pengguna internet di Rusia meningkat hingga 31,5% pada 2009 jika dibandingkan dengan 2008, sementara jumlah komputer pribadi di Rusia meningkat hingga 11,3% menjadi 52,3 juta , ungkap Menteri Press dan Komunikasi, Igor Shcyogolev.


(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget