Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 07 Mei 2010

Conquest Knight XV Layak Jadi Mobil Kepresidenan Untuk Menghadapi Situasi Keamanan Genting


Conquest Knight-XV, SUV lapis baja memang tak sehebat Limousin Kepresiden Amerika Serikat yang didisain untuk menghadapi ragam ancaman yang ekstrem dengan standard militer Pentagon tertinggi sehingga lebih pantas disebut kendaraan tank kepresidenan, walau demikian SUV yang kali pertama diperkenalkan pada SEMA 2008,telah mengalami peningkatan fitur keamanan yang luar biasa sehingga layak menjadi mobil kepresidenan berpengaman ekstra

KNIGHT XV sebagaimana dikutip Plaza eGov dari conquestvehicles.com adalah kendaraan yang dirancang berpelindung baja, jadi bukan kendaraan yang diberi pelindung setelah produksi dan masuk ke pasar, namun memang diproduksi sebagai "armoured vehicle" sejak awal produksi dengan menggunakan berbagai material pelindung yang 'top-grade".

Kendaraan ini memiliki dimensi yang istimewa, dengan fitur-fitur keamanan yang sangat istimewa namun memiliki interior yang sangat mewah, dimanufaktur oleh tangan-tangan yang sangat terampil dan menghabiskan 1.500 jam kerja untuk menghasilkan kendaraan teraman yang presesi. Spesifikasi kendaraan ini adalah:

Panjang :6096 mm
Lebar :2337 mm
Ground Clearance : 355 mm
Tinggi : 2540 mm

Mobil yang dirancang untuk menjalankan fungsi-fungsi ekstrem dibangun diatas chasis Ford F550 yang dimodifikasi sehingga membuat pelaksanaan servis dan pengadaan suku cadang menjadi mudah dilakukan di seluruh dunia. Berikut spesifikasi mesin :

Mesin : Ford, V10, 6.8 liter, bahan bakar dengan sistem konversi Ethanol E-85 yang ditambahkan sehingga fleksibel menggunakan jenis bahan bakar berbeda yaitu bensin atau campuran Ethanol hingga 85%. Juga tersedia mesin disel sebagai sebuah opsi.

Tenaga : 400 HP dan torsi sebesar 500 ft lbs
Penggerak : 4x4 Elektronik, tombol 4WD
Transmisi : 5 percepat otomatis
Pengereman : 4 wheel disc anti-lock traction control
Berat kendaraan dengan lapisan pelindung : lebih kurang 5.454,55 kg
Kapasitas tanki bahan bakar : 151 liter
Ban : LT40x13.50R20 Mickey Thompson Baja Radial ATZ dengan kemampuan berjalan dalam kondisi ban pecah akibat peluru
Armour : berdasarkan spesifikasi khusus yang diminta.


Fitur keamanan yang melengkapi mobil ini diantaranya adalah : FLIR night vision Cameras (PathfindIR Thermal imaging Camera) terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan serta layar monitor tersendiri, keyless entry system, kaca pelindung transparan, ASC Ballistic rub flat system di semua ban, dan securilock sistem kunci anti pencurian pasif.

Knight juga dilengkapi dengan pengaman berupa Firewall atau tembok api yang melindungi kompartemen penumpang dan semua level proteksi "armour" yang dapat diterapkan pada kendaraan ini dan telah disertifikasi oleh H.P White Laboratory, Inc sebuah laboratorium uji balistik independen terkemuka di Amerika Serikat.

(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget