Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 27 April 2010

Vietnam Gandeng ESCAP Atasi Kesenjangan Digital


Pemerintah Vietnam berdasarkan ICT Development Index menunjukan kemajuan yang meyakinkan, capaian Vietnam tak lepas dari kesadaran negeri ini untuk membangun sumber daya manusia yang unggul. Kali ini Vietnam berkolaborasi dengan intitut regional milik perserikatan bangsa-bangsa untuk mengembangkan akademi ICT versi Vietnam.

Asian and Pacific Training Centre for Information and Communication Technology for Development (APCICT), sebuah institut regional Perserikatan Bangsa-Bangsa : Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) telah berkolaborasi dengan pemerintah Vietnam untuk mengembangkan sebuah akademi: “Academy of ICT Essentials for Government Leaders” yang dirancang untuk menjawab kebutuhan Vietnam, pada Jumat (23/4/2010) di Hanoi.


Vietnam digambarkan oleh International Telecommunication Union (ITU) sebagai negara yang menunjukan performa yang kuat berdasarkan ICT Development Index. Pada 2005 lalu Vietnam telah mengimplementasikan Master Plan Pembangunan ICT yang menghasilkan adopsi berbagai kebijakan penting terkait program-program dan pembangunan ICT yang dirancang untuk memuktahirkan layanan-layanan e-Government.Mengacu kepada berbagai kebijakan pembangunan ICT, Vietnam telah melakukan serangkaian langkah-langkah penguatan sumber daya manusia di sektor ICT dan peningkatan kapasitas kelembagaan di Vietnam. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebijakan ICT Vietnam, Program Akademi akan diimplementasikan untuk memperlengkapi para pembuat kebijakan dan manajer-manajer proyek dengan keahlian-keahlian dan pengetahuan yang diperlukan agar secara efektif meningkatkan berbagai solusi ICT untuk tujuan pembangunan Vietnam selanjutnya.


Workshop Akademi yang pertama diselenggarakan secara bersamaan oleh APCICT dan komunitas Sekolah Manajemen Publik (ICS) yang dikelola oleh Menteri Informasi dan Komunikasi Vietnam dan telah dimulai pada Selasa (20/4/2010) di Sofitel Plaza Hotel, Vietnam yang dipimpin oleh Tran Duc Lai, Deputi Menteri Informasi dan Komunikasi dan Hyeun-Suk Rhee, Direktur APCICT yang dihadiri oleh lebih dari 50 pejabat senior Vietnam.

Workshop selama 3 hari akan meningkatkan kesadaran dan kekuatan pengetahuan yang akan mengefektifkan penggunaan ICT yang berguna untuk pembangunan sosial-ekonomi yang berkelanjutan, kepada para pejabat IT, pejabat senior pemerintah dari berbagai kementerian dan instansi pemerintah serta sejumlah perwakilan dari dunia kampus.


Rhee sebagaimana dikutip Plaza eGov dari dangcongsan.vn (20/4/2010) berujar :" Berlanjutnya upaya Vietnam memperkuat pembangunan ICT yang kuat,para pembuat kebijakan dan manajer proyek bertanggungjawab untuk menjalankan semua layanan ICT dan e-Government kepada masyarakat, dan ini memerlukan serangkaian kompetensi yang komprehensif." Merupakan kebanggaan bagi APCICT bekerjasama dengan ICS di Vietnam untuk tujuan penguatan kapasitas sumber daya manusia di bidang ICT yang akan berdampak terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat Vietnam dan berkontribusi terhadap pembangunan sosial dan ekonomi Vietnam.

Para peserta workshop akademi ICT menerima materi antara lain; Modul 7 : ICTD Project Management in Theory and Practice yang disampaikan secara langsung oleh pembuat modul :Maria Juanita Macapagal dan John Macasio. Workshop juga menggelar Training of Trainers yang akan meningkatkan jumlah pelatih lokasl yang mampu menyampaikan berbagai materi akademi yang baru.

Akademi ICT Perserikatan Bangsa-Bangsa juga sukses diselenggarakan di beberapa negara lainnya; Kamboja, Myanmar, Afghanistan, Indonesia, Kiribati, Kyrgyzstan, Mongolia, Filipina, Samoa, Tajikistan, Timor Leste, Tonga, Tuvalu dan di seluruh Asia Pasifik.


(Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget