Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 13 April 2010

Rusia Lakukan Uji Coba Portabilitas Nomor Telepon Selular


Para pelanggan telepon selular di Rusia berpeluang untuk memiliki opsi dapat memiliki nomor yang sama secara tetap walaupun berpindah ke oparator manapun. Peluang untuk memiliki nomor selular sepenuhnya terbuka lebar setelah pemerintah Rusia menyetujui proposal yang diajukan oleh AROS.

Menteri Komunikasi Rusia telah menyetujui sebuah proposal yang diajukan oleh Association of Regional Telecommunications Operators (AROS) untuk melakukan sebuah proyek uji coba penerapan portabilitas. Vitaly Slepakov, CEO AROS dikutip melalui TelecomPaper (30/3/2010) lalu menyatakan diperlukan serangkaian langkah-langkah hukum dan tehnikal untuk mengiplementasikan Number Portability dan untuk mendapatkan investor yang melakukan uji coba.

Implementasi portabilitas nomor untuk nomor telepon selular dan kabel tetap akan dilakukan terpisah. Pada Oktober 2009 lalu menteri komunikasi telah melakukan pembicaraan implementasi number portability dengan semua operator, namun kebanyakan operator menentangnya. Menurut salah satu operator, MTS, implementasi NP akan membebani perusahaan dengan biaya untuk modifikasi sistem-sistem IT, sebesar USD127 juta, dan total biaya yang akan ditanggung oleh semua operator telkomunikasi selular dapat mencapai USD500 juta.

Selain keengganan untuk berpartisipasi dalam program ini, ada isu lain : NP tidak dapat diimplementasikan pada jaringan-jaringan analog, namun faktanya 80% jaringan telekomunikasi kabel di Rusia telah mengadopsi teknologi digital. MTS memperkirakan paling banyak, 2 persen pelanggan yang akan memanfaatkan NP. Pendapat yang sama juga dilontarkan oleh operator Rusia lainnya: Vimpelcom, bahkan mengusulkan agar number portability hanya diterapkan pada telpon kabel

(Martin Simamora)




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget