Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 16 April 2010

Ribuan Kota Ingin Terlibat Dalam Proyek Broadband Super Cepat Google


Google telah mengumumkan lebih dari 1.100 kota dan bahkan negara telah merespon undangan Google untuk terlibat dalam proyek-proyek broadband Google yang telah diluncurkan pada Februari lalu. Tawaran ini telah berakhir pada 26 Maret 2010 lalu. Google memang sedang fokus melakukan uji coba layanan-layanan FTTH (fiber to the home) dengan kecepatan 1 Gbps.

Layanan internet berkecepatan tinggi Google akan dapat dinikmati melalui Open Networks yang dikembangkan bersama dengan berbagai pemerintahan lokal. Google berharap eksperimen akan memberikan wawasan yang lebih luas untuk mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang akan digunakan pada jaringan semacam ini dan apa cara yang paling baik untuk menjalankan jaringan-jaringan lebih cepat.


Google sebagaimana dikutip Plaza eGov dari TelecomPaper.com (29/3/2010) lalu tidak mengungkapkan kota-kota mana saja yang merespon ajakan Google untuk terlibat di dalam proyek ini. Beberapa bulan mendatang sejumlah perwakilan Google seperti; Google Fiber project managers James Kelly en Minnie Ingersoll akan melakukan serangkai perjalanan ke kota-kota yang telah meresponi ajakan Google untuk bertemu dengan pemerintah-pemerintah daerah dan para penasehat proposal.

Google menargetkan dapat mengumumkan lokasi-lokasi terpilih untuk menguji network pada akhir 2010. Walau Google belum mengungkapkan detail network broadband, dua karakteristik penting telah diungkapkan: Network brodaband akan bersifat terbuka dan menawarkan kecepatan super cepat 1Gbps.


(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget