Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 21 April 2010

Pemerintah Kanada Dukung Riset Pengembangan Gedung Ramah Lingkungan


Pemerintah Kanada kini melakukan investasi riset yang akan membantu Kanada mengurangi jumlah produksi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh bangunan-bangunan. Kementerian Lingkungan Kanada berharap melalui proyek perancangan gedung hijau dapat mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 75%.

Upaya pemerintah Kanada ini disampaikan oleh anggota parlemen asal Kelowna-Lake Country Ron Cannan mewakili Menteri Lingkungan Hidup Kanada, Jim Prentice. Green Building akan mengurangi emisi gas penyumbang gas rumah kaca yang dihasilkan alat-alat pemanas dan pendingin ruangan sebesar 75%. Proyek ini dilaksanakan dengan pendanaan Asia-Pacific Partnership (APP) dan dipimpin oleh Okanagan Science & Technology Council (OSTEC) yang bermitra dengan Okanagan College.

Ron Cannan, dikutip Plaza eGov dari MarketWire.com (16/4/2010) menyatakan:" Pengembangan gedung-gedung yang hijau atau bersahabat dengan lingkungan yang mampu menghasilkan sumber energi yang lebih besar daripada energi yang dikosumsi, serta mampu menyerap lebih banyak gas karbon dioksida yang dihasilkan, menjadikan proyek ini sangat menarik sehingga pemerintah Kanada bersedia mendukung penuh.

Pemerintah Kanada bersedia melakukan investasi dalam riset, pembangunan dan demonstrasi berbagai teknologi yang mampu mentransformasi, penggunaan sumber-sumber energi yang bersih, dan menjadi salah satu komitmen Kanada untuk menjalankan Copenhagen Accord.


APP mendanai proyek ini sebesar 500.000 dolar Kanada atau 50% dari total biaya yang dikontribusi oleh Okanagan College dan mitranya. Pembiayaan proyek Green Building adalah bagian dari investasi pemerintah sebesar 8.4 juta dolar Kanada untuk seluruh proyek APP sebagaimana diummukan oleh Perdana Menteri Kanada Stephen Harper pada 4 Desember 2009 lalu di Shanghai.

Jason Richards, Presiden OSTEC menyambut baik investasi yang dilakukan oleh pemerintah Kanada. "Teknologi tinggi dan gedung-gedung hijau saling mendukung dan proyek ini akan meningkatkan pemahaman dan kapasitas kita di bidang ini. Hal yang menyenangkan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Kanada dan Okanagan College yang telah memperagakan kepemimpinannya di sektor Green Building.


Dukungan pemerintah Kanada kepada APP merupakan komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 17% pada 2020 dari level tahun 2005. APP merupakan kemitraan sektor pemerintah dan swasta yang inovatif untuk mengakselerasi pengembangan dan penggunaan berbagai teknologi energi bersih untuk memenuhi target-target; keamanan energi, pengurangan polusi udara secara nasional, perubahan iklim yang akan menyumbangkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pengurangan angka kemiskinan. Ada 7 negara yang tergabung di dalam APP yaitu; Kanada, Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

(Martin Simamora)








Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget