Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 19 April 2010

Konvergensi Multimedia Turut Dorong Kementerian Komunikasi dan Informasi Lakukan Restrukturisasi


Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia pada bulan Juni 2010 mendatang akan melakukan restrukturisasi kelembagaan dan pembentukan lembaga teknis secara efektif akan berlangsung pada Januari 2011 mendatng. Derap maju teknologi informasi dan komunikasi yang mengarah kepada konvergensi turut mendorong proses restrukturisasi.

Kepala Badan Informasi Publik (BIP) Kemenkominfo, Freddy Tulung, berujar: ""Proses pengintegrasian akan dimulai pada Juni 2010 sedangkan resmi dalam hal pembentukan ditjen dan lembaga teknis lainnya akan dimulai pada Januari 2011," ungkapnya dalam Diskusi PSO Antara 2010 di LKBN Antara pada Senin (5/4/2010) lalu, sebagaimana dilansir dari Bisnis.com.

Struktur kelembagaan Kemenkominfo saat ini terkotak-kotak dan tidak efektif untuk mengurus perizinan,padahal kini adalah era teknologi yang semakin terkonvergensi, sehingga restrukturisasi tak terhindarkan lagi jelas Freddy

Restrukturisasi juga akan mengakibatkan perubahan nama pada pos yang diisi oleh pejabat setingkat Direktorat Jenderal atau pejabat Eselon I. misal Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi pada struktur baru diusulkan menjadi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran.


Kementerian Komunikasi dan Informasi juga akan memiliki direktorat baru yaitu :Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Standarisasi, dan satu direktorat yaitu :Direktorat Jenderal Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) dilebur dengan Badan Informasi Publik menjadi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Struktur kelembagaan baru di Kementerian Komunikasi dan Informasi yang baru adalah:Ditjen Penyelenggaraan Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, Ditjen Aplikasi dan Telematika, Ditjen Sumber Daya dan Standarisasi serta Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Balitbang dan Pengembangan SDM, serta Sekretariat Jenderal.


(Bisnis Indonesia | Martin Simamora )



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget