Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 23 April 2010

Kartu Identitas Inggris Dengan Chip Dikritik


Kritik terhadap proyek kartu identitas penduduk Inggris berkait kegunaannya telah lama dipertanyakan publik, kini diketahui salah satu elemen yang paling menonjol pada kartu identitas tersebut adalah Chip berwarna keemasan yang lazim ada pada kartu kredit dan berguna untuk transaksi elektronik, ternyata tak difungsikan.


Seputar Kartu Identitas Penduduk Inggris


Kartu identitas penduduk yang kini diterbitkan oleh pemerintah Inggris memiliki fungsi PIN dan Chip berwarna emas yang memampukan kartu melakukan transaksi elektronik dan mengotorisasi sebuah pembayaran. Chip atau contact plate normalnya memungkinkan instrumen card reader membaca Chip pada kartu identitas sehingga transaksi elektronik dapat berlangsung.Namun kenyataannya, saat ini chip atau contact plate pada kartu identitas yang diterbitkan oleh pemerintah tidak dapat digunakan untuk transaksi elektronik apapun. Chip di dalam kartu identitas penduduk tak menyimpan informasi yang diperlukan agar Chip dapat dibaca oleh card reader.


Sebaliknya, semua chip pada kartu tanda penduduk harus dibaca secara nirkabel atau wireless melalui RFID, artinya penggunaan Chip pada kartu identitas penduduk menjadi mubazir, ujar Dave Birch, director of electronic transaction Perusahaan Konsultan Hyperion sebagaimana dikutip Plaza eGov dari Silicon.com (15/4/2010).


Dave bertutur :" Semua kartu identitas penduduk yang diterbitkan oleh pemerintah Inggris memiliki chip atau contact plate, tapi ternyata tak berfungsi sebab tak satu pun layanan yang dapat diakses melalui elemen ini." Merespon hal ini, juru bicara Home Office menyatakan: "Chip atau Contact plate tetap digunakan untuk menjaga kelangsungan desain dengan produk-produk sejenis yang ada saat ini, dan kemungkinan penggunaannya di masa mendatang.

Pemerintah Inggris sejauh ini telah menerbitkan 7.000 kartu identitas penduduk sejak peresmiannya pada tahun lalu di Manchester. Pemerintah juga menerbitkan kartu identitas bagi warga negara asing yang bermukim di Inggris sejak November 2008.

Chip yang ditanam di dalam kartu identitas penduduk Inggris menyimpan informasi; data biografi pemegang kartu dan detail biometrik yang diakses melalui card reader RFID. Instrumen Card Reader RFID memang digunakan diseluruh perbatasan Inggris untuk memverifikasi identitas pemegang kartu. Industri jasa keuangan juga mengkritisi desain kartu identitas Inggris karena hanya memberikan fitur yang terbatas. Pemerintah kini sedang mempertimbangkan untuk menerbitkan kartu identitas yang telah ditingkatkan kemampuannya pada 2012 mendatang.

Kartu identitas penduduk yang telah ditingkatkan kemampuannya akan memiliki Chip yang dapat mengotorisasi berbagai transaksi online menggunakan Chip dan PIN serta memverifikasi identitas pemegang kartu melalui internet.


(Martin Simamora)




Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget