Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 12 April 2010

Badan Keamanan Khusus Inggris : Saatnya Industri Membantu Membersihkan Internet


Badan keamanan khusus Inggris : Serious and Organised Crime Agency (SOCA) atau sering dijuluki sebagai FBI-nya Inggris telah mengeluarkan tantangan kepada para pelaku industri internet dan e-Commerce untuk melakukan langkah-langkah memerangi Cyber Crime.

SOCA juga melobi Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) selaku operator internet dunia untuk mengubah cara kerja web agar memiliki lingkungan cyber yang lebih sulit untuk dimanipulasi oleh para kriminal dan mengajak semua komunitas internet untuk mengambil langkah yang sama.

Internet memfasilitasi para kriminal untuk melancarkan kejahatan yang nyaris memberikan perlindungan sempurna terhadap pelaku kejahatan, ungkap Paul Hoare, Senior Manager SOCA dalam e-Crimes Congress 2010 di London minggu ini. " Sungguh keterlaluan mudahnya untuk meregistrasi sebuah domain dengan identitas palsu, protesnya dilansir publictechnology.net (30/3/2010).

Permasalahan ini diperumit dengan berbagai masalah terkait dengan permasalahan lintas yuridiksi hukum yang tak memiliki kerangka-kerangka legal untuk menanganinya, membuat para petugas penegak hukum mengalami kesulitan yang sangat ekstrim di era serba internet. Ketimbang merespon berbagai domain jahat, kita seharusnya berupaya keras agar para pembuat domain melakukan registrasi secara benar, ujarnya.


SOCA sejauh ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai badan keamanan khusus sejumlah negara seperti FBI dan Interpol dalam memberikan berbagai rekomendasi untuk kebijakan dan perubahan regulasi kepada ICANN, yang menerimanya dengan baik, tetapi Hoare mengingatkan bahwa ICANN hanya dapat mengimplementasikan berbagai perubahan yang diusulkan hanya jika didukung oleh semua anggotanya.

(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget