Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 08 April 2010

Amerika Serikat Kembangkan Aplikasi eGov Untuk Komputer Tablet


Pemerintah Amerika Serikat atau setidaknya sejumlah pemerintah negara-negara bagian tak ingin melewatkan begitu saja kehadiran komputer tablet iPad. Pada hari sabtu, 3 April 2010 lalu beberapa aplikasi e-Government turut diluncurkan bersamaan dengan peluncuran iPad besutan Apple.

Tentu saja aplikasi-aplikasi e-Government itu tidak akan menjadi aplikasi yang paling diinginkan oleh para pemilik iPad, NIC sebagai pengembang aplikasi-aplikasi e-Government untuk iPad telah memasukan beberapa aplikasinya ke dalam iPad app pilihan versi awal, dan ini menjadi awal yang sangat baik untuk hal-hal yang lebih baik dimasa mendatang.


Semua aplikasi e-Government untuk iPad dapat dimiliki secara gratis, dan saat ini aplikasi e-Government yang tersedia juga masih sangat dasar seperti: Aplikasi Latihan Ujian untuk mendapatkan surat izin mengemudi dan baru meliputi 5 negara bagian; Nebraska, Tennessee, Utah, Kentucky, dan West Virginia, seperti dilansir dari FastCompany.com.

Namun pengembang aplikasi e-Government NIC mengumumkan bahwa aplikasi-aplikasi ini baru awal pengembangan dan akan melakukan berbagai pengembangan, jelas CEO NIC Harry Herington. Segera setelah iPad resmi diluncurkan, NIC akan mulai membuat berbagai aplikasi karena NIC menyadari betapa populernya alat ini kelak. Kami pun bangga dapat membantu 5 negara bagian mitra NIC yang memungkinkan NIC mengembangkan aplikasi-aplikasi e-Government yang khusus berjalan di iPad, dan akan terus mengembangkan lebih banyak lagi aplikasi e-Government untuk iPad dan iPhone bagi negara-negara bagian mitra kami di masa mendatang.


Aplikasi e-Government lainnya yang telah siap untuk diresmikan adalah aplikasi-aplikasi perhitungan pajak versi unofficial yang kini sangat populer di Amerika Serikat, dan masih ada banyak lagi bentuk-bentuk e-Government yang dapat dibuat dengan biaya murah dan efektif berfungsi dalam format tablet seperti iPad. Hei..bagaimana jika sensus menjadi sebuah aplikasi di komputer tablet?


Bagaimana dengan Indonesia?Adakah pengembang software yang tertarik untuk bekerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi e-Government untuk komputer tablet, apalagi Indonesia termasuk negara yang cepat menyerap berbagai inovasi teknologi termasuk komputer berbagai model komputer tablet.



(Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget