Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 23 Maret 2010

Vietnam dan Irlandia Jalin Kerjasama ICT Untuk Pengembangan Potensi Ekonomi


Vietnam dan Irlandia memiliki potensi yang teramat besar untuk bekerjasama di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan pendidikan ungkap Menteri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Inovasi dan Sumber Daya Alam Senin (22/3) kemarin.Bahkan kedua negara memanfaatkan kerjasama ICT untuk meningkatkan perekonomian kedua negara.

Lenihan sebagaimana dikutip Plaza eGov dari DZTimes.net pun menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan software menempatkan pasar Vietnam sebagai sebuah kesempatan untuk meningkatkan pasar globalnya, utamanya kawasan Asia. Bahkan Lenihan telah memutuskan tinggal selama seminggu, 13-18 Maret untuk menggalang hubungan bisnis antara Vietnam dengan Irlandia.


Sementara itu Michael Garvey, Direktur Regional ASEAN pada Enterprise Ireland, sebuah badan pemerintah Irlandia yang membidangi perdagangan dan teknologi, sepakat dengan Lenihan. Menurutnya Vietnam telah menjadi basis yang populer bagi perusahaan-perusahaan Irlandia yang membangun operasi regionalnya di Asia. Ada tiga tiga perusahaan Irlandia yang telah beroperasi di Vietnam sejak 9 bulan lalu yaitu; Seestream, Glandore Systems dan Adhearne Fire Engineering Consultants.


Kerjasama di bidang ICT akan memberikan banyak peluang kepada perusahaan-perusahaan Irlandia berskala kecil hingga menengah untuk membangun hubungan bisnis dengan begara-negara berkembang."Jelas ini adalah hubungan yang saling mengutungkan," Jelas Lenihan. Bahkan perusahaan-perusahaan kedua negara dapat melakukan kemitraan yang bersifat Join Venture.


Eratnya hubungan antara Vietanam dan Irlandia pun tercermin dengan implementasi sebuah program kerjasama yang disebut Vietnam-Ireland Business Forum (VIBF) yang bertujuan mendorong kemitraan yang lebih erat antara sektor swasta kedua negara, dan melalui program ini akan membawa berbagai teknologi baru dari Irlandia ke Vietnam, jelas Lenihan.


VIBF awalnya sebuah program dengan fokus pada pengembangan kerjasama ICT antara kedua negara sebelum akhirnya berkembang ke sektor-sektor lainnya. Bulan depan 10 perusahaan Irlandia akan mengunjungi Vietnam untuk memperkenalkan berbagai produk dan teknologi ke perusahaan-perusahaan lokal Vietnam.


Posisi e-Government Readiness Vietnam 2010 versi PBB

+ E-Government Index : 0.445
+ Online Service Index : 0.305
+ Infrastructure Index : 0.226
+ Human Capital Index : 0.810
+ E-Participation Index : 0.086
+ Website : www.na.gov.vn
+ Peringkat E-Government Global : 90/184






Posisi e-Government Readiness Irlandia 2010 versi PBB

+ E-Government Index : 0.687
+ Online Service Index : 0.498
+ Infrastructure Index : 0.574
+ Human Capital Index : 0.993
+ E-Participation Index :0.443
+ website : www.irlgov.ie
+ Peringkat E-Government Global : 21/184


(DZTimes | Martin Simamora)


Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget