Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 25 Maret 2010

Uni Eropa Peringatkan Iran Untuk Segera Menghentikan Blokade Siaran Satelit


Negara-negara anggota Uni Eropa menuntut pemerintah Iran untuk segera menghentikan blokade atau "jamming" siaran satelit dan penyensoran internet. Kini European Union sedang Menyiapkan sebuah pernyataan versi awal yang akan dibawa ke dalam pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa yang akan berlangsung minggu depan.


Tuntutan yang akan diajukan oleh European Union memerintahkan Iran untuk menghentikan interferensi elektronik sesegera mungkin. Jika pemerintah tak memenuhi tuntutan tersebut maka sekutu-sekutu Eropa menyatakan akan menyiapkan tindakan balasan atas tindakan Iran melakukan Jamming.



Iran diketahui melakukan interferensi ke sejumlah frekuensi siaran antara lain; Radio Inggris BBC, Deutsche Welle Jerman, Operator Satelit Perancis Eutelsat yang mengakibatkan berhentinya siaran-siarannya. Tehran pun melakukan blokade Jaringan Berita VOA berbahasa Persia.


Rancangan EU Statement yang dikutip Plaza eGov dari www.1.voanews.com di Brussels pada Jumat (19/3/2010) tidak mengungkapkan bentuk-bentuk balasan yang mungkin akan dilakukan untuk melawan tindakan blokade signal yang dilakukan oleh Iran. Tetapi media-media Eropa melaporkan bahwa ada kemungkinan EU melakukan 2 taktik: larangan ekspor ke Iran untuk perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan Iran untuk melakukan intersepsi e-mail dan transmisi-transmisi telepon selular, atau sebuah keputusan untuk memblok berbagai siaran Iran yang yang direlai oleh satelit komunikasi Eutelsat.




Sejumlah pejabat Amerika Serikat menyatakan Iran telah mencegah rakyatnya untuk mendengarkan dan melihat berita-berita yang dilaporkan sebagai anti pemerintah di Iran yang bermula sejak sengketa hasil pemilu ulang Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada tahun lalu. Tindakan-tindakan interferensi elektronik yang dilakukan Tehran belakangan ini meningkat tajam tahun ini, berkaitan dengan sejumlah peristiwa peringatan Revolusi Islam yang berhasil menggulingkan kekuasaan monarki Iran lebih dari 30 tahun lalu.

Para pejabat Uni Eropa menyatakan bahwa Iran telah melanggar ketentuan-ketentuan yang disetujuinya sebagai anggota Internastional Telecommunication Union, yang menyatakan semua negara anggota berkomitmen mendukung kebebasan bersiaran internasional. Keluhan-keluhan terhadap tindakan Iran telah dilaporkan ke markas besar ITU di Jenewa, tetapi sejauh ini ITU belum mangambil tindakan apapun.

(VOA | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget