Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Jumat, 05 Maret 2010

Portal Brasil.gov.br Berteknologi Open Source Canggih & Gerbang Akses Informasi Publik


Keunikan Brasil.gov.br, memiliki area : Majalah Multimedia bulanan yang akan membedakannya dari semua website e-Government di seluruh dunia. Majalah Multimedia menyajikan informasi, wawasan yang akan menyentuh hati para pembacanya, menggabungkan konten teks, video dan info grafis agar setiap info dan berita lebih hidup di mata pembaca.

Brasil pada Rabu (3/3/2010) telah meluncurkan www.brasil.gov.br "Portal Brasil" sebagai cara yang lebih baik bagi negeri Samba untuk meningkatkan interaksinya dengan masyarakat global dan meningkatkan akses informasi yang lebih demokratis.



Sekretaris Menteri Komunikasi Sosial, Franklin Martins berujar," Dunia kini telah memasuki era yang terbuka, interaktif, dan komunikasi aktual (real time), dan dengan Portal ini, Brasil merengkuh berbagai peluang yang diberikan media digital yaitu berbagai keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh negara dalam membangun komunikasi, jelasnya disitat IT TMCNet (3/3).


"Portal Brasil mempertegas keyakinan institusional kami terhadap kesetaraan sosial dan transparansi. Website ini adalah salah implementasi terbesar Open Source yang berhasil diwujudkan. Kami akan menggunakan fleksibiltas yang diberikannya yaitu; kecepatan, efisiensi serta kedinamisan dalam komunikasi dan informasi dengan masyarakat lokal dan asing di seluruh dunia, ungkap Franklin.



Dua aktor utama menjadi kunci terwujudnya Portal Brasil, yaitu Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva yang memimpin peresmiannya dan angota-anggota senior Secretariat for Social Communication (SECOM). SECOM sendiri tugas utamanya : melakukan koordinasi aktivitas kehumasan (PR) untuk kepentingan pemerintah.
Portal Brasil dibangun dengan biaya USD4.1 juta dan diawasi oleh SECOM. dengan konsep Dynamic Content for Dynamic Audiences yang ditujukan menjadi "one-stop-shop" informasi di Brasil. Portal ini pun dilengkapi dengan kemampuan multi lingual ;bahasa Inggris,bahasa Spanyol dan bahasa Portugis.



Kandungan isi portal dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Brasil dan dunia, kontennya antara lain; analisa, investor, perusahaan-perusahaan swasta, media, akademisi, NGO, kesiswaan, turisme, dan lain-lain. Untuk memastikan Brasil.gov.br mampu menyajikan info yang dibutuhkan baik masyarakat Brasil dan internasional, maka portal Brasil dirancang memiliki 12 kanal tematik yang meliputi ;Brazil,Citizenship,Culture,Economy,Education,Environment,
Geography,Health,History,Science & Technology,Sports dan Tourism.


Portal Brasil tak hanya untuk menyampaikan informasi tetapi juga melibatkan para pengakses menjadi bagiannya, dengan membangun sebuah wadah kolaboratif yang mampu berkembang secara konstan. Pada akhirnya, Portal Brasil berhasil memuat 850 artikel, sebuah data base yang saat ini memiliki 6.000 foto, lebih dari 40 info grafis, lebih dari 2.000 data video dan audio, berbagai aplikasi flash, kandungan isi yang diciptakan pengakses dan berbagai fitur yang dapat dikustomisasi.


Keunikan Brasil.gov.bra, memiliki area : Majalah Multimedia bulanan yang akan membedakannya dari semua website e-Government di seluruh dunia. Majalah Multimedia menyajikan informasi, wawasan yang akan menyentuh hati para pembacanya, menggabungkan konten teks, video dan info grafis agar setiap info dan berita lebih hidup di mata pembaca. Majalah Multimedia juga dilengkapi dengan sejumlah fungsi seperti; survei dan terintegrasi dengan berbagai wadah jejaring sosial semisal; Youtube dan Twitter yang akan memberikan jangkauan majalah multimedia menjadi lebih jauh dan luas.



Teknologi-teknologi unik Portal Brasil dibangun diatas platform CMS Open Source yaitu Plone dan aplikasi Zope untuk server, yang menawarkan fungsionalitas dan keamanan maksimum untuk website. Memastikan bahwa Portal Brasil pun mencerminkan visi negara maka arsitektur informasi dan pemrograman Portal Brasil harus terus-menerus dikustmisasi, sehingga menjadikan Portal Brasil memiliki teknologi pemrograman terdepan dan belum ada negara lain yang menerapkan keunggulan ini.


Keunggulan fungsional framework Portal Brasil memungkinkan semua pengakses/pengguna melakukan interlasi dalam beberapa cara, termasuk; mengirimkan pesan pertanyaan, saran, keluhan dan atau pujian ke Portal Brasil, mengomentari berita-berita dan konten-konten lainnya, mengunggah (upload) gambar-gambar ke galeri kolaboratif foto, melaporkan kesalahan tehnikal dan konten yang ditemui, berbagai konten dengan teman-teman,berintegrasi dengan media jejaring sosial seperti; Youtube dan Twitter, bersindikasi melalui RSS, dan menandai halaman favorit dengan menggunakan aplikasi "My Brazil".


Langkah Pemerintah Brasil untuk menggunakan Portal Brasil sangat tepat sebagai upaya negara untuk menyajikan informasi secara cepat dan efektif di abad Digital. Secara domestik kami merespon pertumbuhan pengguna internet yang luar biasa termasuk penetrasi broadband di Brasil dalam beberapa dekade belakangan ini.


Brasil kini tercatat sebagai negara dengan populasi pengguna internet terbesar di kawasan Amerika Latin, dan peringkat ke-9 secara global, jelas Franklin. Secara eksternal, kami pun menyadari meningkatnya ketertarikan global terhadap Brazil, tak hanya sektor investasi tetapi juga berkaitan dengan World Cup 2014 dan Olympiade musim panan 2016 dimana Brazil sebagai tuan rumah.

(it.tmcnet | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget