Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 22 Maret 2010

Perusahaan IT Lokal Myanmar Inisiator Utama E-Government Nasional


Sejumlah perusahaan software lokal berupaya keras untuk memperkenalkan sistem-sistem e-Government di seluruh kementerian pemerintahan Myanmar dan sejauh ini sejumlah departemen telah menerapkannya, ungkap sebuah sumber di Computer Association Myanmar.

Saat ini 9 dari total 32 kementerian di pemerintahan Myanmar tengah dalam proses implementasi sistem e-Government. Kementerian-kementerian yang dalam proses implemetasi antara lain; Perdagangan, Pertanian dan Irigasi, Buruh, Dalam Negeri, Kebudayaan, Transportasi, Pembankit Listrik dan Komunikasi, Pos dan Telegraf.


Kementerian-kementerian tersebut menggunakan sejumlah software untuk mengimplementasikan e-Government; Internal Information System, Employee Bio Data Information System, Document Exchange and Management System, Industry Reporting System dan Tender Reporting System, jelas Asosiasi Komputer Myanmar dikutip TMCnet.com Senin (8/3/2010) lalu.


Myanmar pun melengkapi pembangunan e-Governmentnya di sektor perbankan dengan memperlengkapi 6 bank dengan sistem jaringan perbankan untuk membangun jaringan interkoneksi antara bank swasta dengan bank pemerintah untuk memfasilitasi para trader untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.


Sistem interkoneksi jaringan perbankan merangkai sejumlah bank; Yoma Bank, Myanmar Citizens Bank, Tun Foundation Bank, Myanmar Foreign Trade Bank, Myawaddy Bank dan Myanmar Industrial Development Bank, dan teknologi ini sepenuhnya dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi informasi lokal yaitu MIT dan Global Net.

Sejumlah pakar teknologi informasi Myanmar menyatakan bahwa negeri ini pun sedang bersiap untuk meluncurkan e-Commerce dan mobile commerce walaupun sistem e-Payment untuk saat ini belum ada.


Posisi E-Government Readiness Mayanmar 2010 versi PBB

+ E-Government Index : 0.282
+ Online Service Index : 0.083
+ Infrastructure Index : 0.004
+ Human Capital Index : 0.764
+ E-Participation Index : 0.000
+ Website : www.myanmar.com
+ Peringkat E-Government Global : 141/184


(Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget