Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 29 Maret 2010

Norwegia Fasilitasi Warganya Yang Ingin Menghapus Datanya di Internet dengan Slettmeg.no


Slettmeg.no atau deleteme.no adalah layanan online yang dihadirkan oleh Inspektorat Data Norwegia yang memberikan bantuan kepada warganya yang ingin melenyapkan informasi dirinya di Internet, serta memberikan dasar-dasar hukum dan regulasi-regulasi terkait data pribadi di Internet. Layanan ini dapat membantu warga jika ada informasi atau foto-foto rahasianya yang disebar di internet oleh pihak-pihak lain.

Layanan Slettmeg.no telah diresmikan penggunaannya pada Maret 2010 oleh Direktur Inspektorat Data, Georg Apenes dan Menteri Administrasi Norwegia, Rigmor Asrud. Tujuan utama Slettmeg.no seperti diberitakan eu-forum.org untuk memberikan sejumlah layanan yang spesifik yaitu;


(1) Memberikan saran bagaimana bertindak agar dapat melenyapkan atau merubah informasi yang bersifat pribadi dan tak seharusnya terpublikasi di internet.
(2) Memberikan asistensi agar warga dapat melakukan kontak dengan web services dan pihak-pihak yang berwenang terkait terpublikasinya materi atau informasi yang bersifat pribadi atau tak seharusnya terpublikasi di internet.
(3) Inspektorat Data membantu warganya untuk mengisi berbagai formulir keluhan dan hal-hal serupa lainnya yang diminta oleh setiap web service.
(4) Membantu menggunakan Layanan-layanan penghapusan informasi internet yang ada seperti; search engine pada webpage removal request tools.
(5) Membantu warga yang ingin melenyapkan profil-profil palsu atau yang tak dikehendaki di berbagai website jejaring sosial.
(6) Memberikan nasihat dan saran kepada berbagai aktor atau organisasi terkait yang dapat memberikan pertolongan lebih lanjut.



Menurut website Slettmeg.no, materi-materi di internet yang bersifat menyerang pribadi seseorang yang dapat berupa publikasi foto-foto tanpa izin, profil-profil pribadi di berbagai layanan internet, informasi probadi yang tidak tepat atau melecehkan. Masyarakat yang terlanjur mempublikasikan informasi pribadinya namun kemudian menyesalinya dan ingin menyingkirkannya, pun dapat menghubungi slettmeg.no untuk mendapatkan bantuan.


Slettmeg.no merupakan proyek uji coba 2 tahun yang dirancang untuk memberikan saran yang bersifat netral dan tak berperan sebagai advokasi hukum, dan tidak memiliki otoritas untuk memberikan perintah kepada pihak lain agar menghapus informasi yang telah dipublikasikan di internet.


Website Slettmeg.no menyajikan berbagai artikel yang dapat membantu bagaimana seharusnya bertindak ketika menghadapi penyalahgunaan informasi di internet, juga tersedia serangkaian artikel yang menginformasikan hak-hak hukum yang dimiliki seseorang terkait subyek ini dan nomor-nomor kontak penting berbagai layanan website yang dapat membantu menghadapi situasi semacam ini

Slettmeg.no semata sebuah web page saja, masyarakat dapat menghubungi layanan ini melalui telepon, e-mail atau chat, didukung oleh 2 penasihat dari Inspektorat Data Norwegia, dan jam kerjanya Senin hingga Jumat dari pukul 10:00 hingga 18:00.


Posisi E-Government Norwegia 2010 versi PBB

+ E-Government Index : 0.802
+ Online Service Index : 0.737
+ Infrastructure Index :0.683
+ Human Capital Index : 0.988
+ E-Participation Index : 0.500
+ Website : http://odin.dep.no/odin/
+ Peringkat E-Government Global : 6/184



(eu-forum.org | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget