Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Sabtu, 27 Maret 2010

Inggris Akan Terapkan Green Label Pada Semua Produk


Pemerintah Inggris baru-baru ini telah meluncurkan sejumlah proposal pelabelan Hijau pada semua produk-produknya agar masyarakat mengetahui apakah produk-produk yang dibeli bersahabat dengan lingkungan dan menndukung usaha global untuk mengurangi pemburukan perubahan iklim.

Langkah pemerintah ini untuk memberikan jaminan agar klaim-klaim perusahaan yang menyatkan produknya bersahabat dengan lingkungan yang tertera pada label tidak menyesatkan publik pembeli.


Program labelisasi hijau akan menguatkan Panduan Klaim-klaim Produk yang Hijau yang akan menolong para pebisnis yang membuat pernyataan tanggung jawab industri terhadap lingkungan dengan cara yang dapat dipertanggungjawabkan dan dipahami masyarakat secara mudah. Sebuah badan Konsultasi pun telah diluncurkan untuk membantu para konsumen mengidentifikasi barang-barang dan jasa-jasa apa saja yang benar-benar bersahabat dengan lingkungan atau hijau.


Konsultasi akan memberikan informasi yang lebih baik dan membantu konsumen untuk memutuskan barang-barang mana saja yang layak dibeli. Pemerintah Inggris pun akan mengawasi pelaksanaannya untuk menjamin konsumsi listrik yang hijau pada produk-produk elektronik seperti; televisi, dan mesin-mesin cuci, memenuhi standar performa minimal dan produsen melabeli produk secara akurat atau sesuai dengan besar-kecil konsumi listriknya.



Menteri Lingkungan Hidup Inggris, Dan Norris dilansir dari LowCarbonEconomy.com menyatakan update pada Green Claim Guidance akan memudahkan masyarakat untuk melakukan tindakan yang tepat, yang melindungi lingkungan hidup dengan cara menghidarkan masyarakat dari info produk yang menyesatkan.


Penerapan Label Hijau menindaklanjuti kesepakatan 8 grup retail Inggris yang berkomitmen untuk tak lagi menjual produk-produk televisi yang boros listrik, sebuah langkah yang lebih cepat daripada Eropa yang baru akan memperkenalkan kebijkan serupa pada Juli 2012 mendatang.

(LowCarbonEconomy | Martin Simamora)

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget