Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 02 Maret 2010

Indonesia Membutuhkan Grid Server


Hampir semua negara tetangga Indonesia memiliki Grid Server atau biasa disebut Pusat Server, bahkan Negera Malaysia dan Singapura berambisi menjadi sentra (hub) Grid Server untuk kawasan Asia Tenggara.

Grid Server sangat dibutuhkan oleh Indonesia yang memiliki bentang alam belasan ribuan pulau, yang akan berfungsi sebagai pusat informasi sehingga trafik yang datang dan keluar dari wilayah nusantara menjadi berimbang,selain tentunya sebagai; data center, content center atau data perusahaan.

"Indonesia sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara harusnya tidak boleh ketinggalan," kata Nonot disitat tribun Jabar di Jakarta, Kamis (24/2). Grid Center akan menghadirkan akses yang mudah terhadap semua informasi; seni budaya, pariwisata, national digital library,ekonomi, potensi SDA dan SDM, dan lainnya sehingga operator dari luar negeri akan lebih tertarik untuk bekerjasama dengan Indonesia. Tentunya pemasukan devisa akan meningkat
.


Pusat server pun akan meningkatkan industri software/konten lokal dan membuat trafik domestik naik serta puncaknya Indonesia menjadi tuan di neger sendiri.
Membangun Grid Server menurut Nonot tidaklah mahal karena bisa dicicil server farm-nya, sayangnya minat untuk membangun oleh para vendor rendah.

(Tribun Jabar | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget