Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 24 Maret 2010

Google Bangun Jaringan Kabel Internet Berkecepatan Tinggi di Bawah Samudra Pasifik


Google tak sendirian tapi ada SingTel, Bharti Airtel, Global Transit, KDDI, dan Pacnet yang siap membentangkan jaringan kabel internet berkecepatan tinggi dari Amerika Serikat ke Jepang yang akan meningkatkan bandwith hingga 20% dan memberikan Google koneksi langsung ke Asia. Bagi Google ini merupakan investasi jangka panjang di Asia yang teramat penting apalagi setelah konfliknya dengan China.

Konsorsium yang terdiri dari Google dan sejumlah perusahaan telekomunikasi telah menyelesaikan tahapan uji coba proyek senilai USD300 juta. Para pemakai internet di Asia akan dapat menikmati akses internet yang lebih cepat dalam waktu bebarapa bulan mendatang. Jaringan kabel internet berkecepatan tinggi memiliki potensi menciptakan kapasitas koneksi hingga 7.68Tbps (Terabits per second).

Sebagai imbal balik investasi--angkanya tak diungkapkan--Google akan menguasai 20% dari total kapsitas kabel keseluruhan untuk kepentingannya."Kebutuhan informasi adalah keperluan global. Seiring dengan meningkatnya ekonomi negara-negara Asia, maka lalu-lintas data dan penggunaan internet pun semakin meningkat. Pihak Google dalam pernyataannya yang dikutip Plaza eGov dari ZDNetAsia (19/3) menyatakan Google berkomitmen menyediakan pengalaman berkualitas yang berada di belahan dunia manapun tanpa melihat batasan negara.


Pacnet, perusahaan jasa telekomunikasi di Asia menginvestasikan USD100 juta dalam proyek ini dan Bill Barney CEO Pacnet menyatakan, perusahaan-perusahaan internet memerlukan bandwith untuk menyelenggarakan jasa-jasanya, dan biasanya harus menyewa perusahaan-perusahaan lain untuk membangun dan memelihara kabel-kabel dan koneksi-koneksi jaringan.

(ZDNetAsia | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget