Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 23 Maret 2010

E-Government Rusia Dalam Bayang-Bayang Ancaman Serangan Cyber


Pemerintah Rusia telah membuat sejarah penting dengan mengumumkan batas waktu pembangunan akses digital yang akan memperbaiki seluruh layanan publik seperti perpajakan dan pensiun. E-Government akan mulai diterapkan di negara ini pada 1 April 2010 mendatang.Namun skeptisme yang berakar dari bayang-bayang serangan cyber pun mewarnai implementasinya




Pemerintah Rusia mulai tanggal 1 April mendatang akan mulai melakukan aktivitas birokrasi hariannya secara online, namun ini barulah tahap awal dari rencana besar yang diusung oleh Presiden Medvedev yang menetapkan pada 2015 mendatang seluruh penyelenggaraan pemerintah Rusia sepenuhnya berbasis online.

"Begitu sistem e-Government terimplementasi sepenuhnya, maka biaya-biaya birokrasi akan terduksi dalam jumlah yang berarti. Pada saat yang sama, e-Government akan memberikan penghematan waktu, uang dan pemeliharaan kesehatan rakyat,"jelas Igor Shcegolev, Menteri Komunikasi, sebagaimana dikutip Plaza eGov dari Prime Time Russia.



Optimisme implementasi e-Government di Rusia tak sepenuhnya bulat, ada masayarakat yang tetap memandangnya dengan skeptis, apalagi berkait dengan makin meluasnya suara-suara yang mengingatkan kemungkinan rangkaian serangan cyber terhadap neger ini bila pemerintahannya terlalu bergantung pada e-Government. Belum lagi risiko yang akan mempertajam kesenjangan digital di dalam masyarakat, antara kelompok masyarakat yang dapat mengakses layanan e-Government melalui internet dengan masyarakat yang tak memiliki akses internet.




Presiden Medvedev sebelumnya menyatakan bahwa pemerintah berencana untuk menggunakan e-mail sebagai salurana distribusi informasi pemerintah. Rencana pemerintah Rusia memang langkah yang berani namun jalan yang harus ditempuh masih panjang.


Belum lama ini sejumlah instansi pemerintah telah melaporkan kepada Menteri Igor Schegolev bahwa alamat-alamat email dapat berfungsi sebagai alat identifikasi resmi layaknya sebuah passport, surat izin mengemudi, atau alamat domisili tetap.

Tetapi pemahaman yang ditangkap media-media lokal dibantah oleh Yandex-sebuah search engine terbesar di Rusia- dan meyakini yang dimaksud oleh Shchegolev, e-mail akan menjadi instrumen utama korespondensi antara negara dengan masyarakat, dan sebagai sarana akses ke semua layanan negara, jelas Elena Kolmanovskaya dari Yandex.

Pemerintah Rusia telah menetapkan pada 2015 akan melakukan dokumentasi secara online sebab akan menolong pemerintah menghemat anggaran dan mereduksi penggunaan kertas.Implementasi e-Government akan melenyapkan buruknya birokrasi Rusia yang dikenal kompleks dan panjang dan akan menjadi lebih ramping. Bulan Desember 2009 lalu diperkirakan masyarakat Rusia menghabiskan waktunya selama 25 jam kerja hanya untuk mengantri berbagai layanan publik, ungkap Interfax.



Rusia masih sangat baru dalam e-government, E-Ticketing baru berjalan 2 tahun lalu dan layanan perbankan online masih sangat baru, apalagi tanda tangan digital pun berlum diterapkan.







Posisi E-Government Federasi Rusia 2010 versi PBB

+ E-Government Index : 0.514
+ Online Service Index : 0.330
+ Infrastructure Index : 0.277
+ Human Capital Index : 0.940
+ E-Participation Index : 0.129
+ Website : www.gov.ru
+ Peringkat E-Government Global : 59/184


(Prime Time Russia | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget