Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 23 Februari 2010

KPU Sumbar Gunakan DPT Tools Untuk Singkirkan Pemilih Ganda


DPT Tools mendeteksi adanya nama pemilih ganda, alamat ganda, tanggal lahir ganda dan dapat mengetahui pemilih yang telah pindah alamat atau meninggal dunia. Jika saja Administrasi kependudukan yang dilengkapi NIK rampung maka hal semacam ini dapat dihindari.

Menerima data pemilih ganda sebagai fakta tak terlelakan sebab SIAK Online tak kunjung berkinerja optimal, maka KPU kembali akan menggunakan DPT Tool untuk memastikan DPT bersih sehingga hasil pilkada kredibel dan diterima oleh semua partai.

Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar, Desi Asmaret di Padang,beberapa waktu lalu menegaskan hal ini. DPT Tools adalah software yang akan mencegah terjadinya pemilih ganda yang akan melacak adanya nama atau data ganda dalam DPT yang dimasukan ke dalam komputer data KPU provinsi dan kabupaten/kota.

DPT Tools mendeteksi adanya nama pemilih ganda, alamat ganda, tanggal lahir ganda dan dapat mengetahui pemilih yang telah pindah alamat atau meninggal dunia. Jika saja Administrasi kependudukan yang dilengkapi NIK rampung maka hal semacam ini dapat dihindarkan.


Perangkat lunak ini pun akan menjamin tak akan ada pemilih yang terdaftar di lebih dari satu TPS. Sumbar akan menjadi daerah pertama di Indonesia yang memanfaatkan software ini untuk untuk Pilkada atau Pemilu.

Semua Komputer pengolahan data di kantor KPU Sumbar dan kantor KPU kabupaten/kota telah terinstal dengan program DPT Tools, dan peristiwa pemilih ganda pada Pilkada Sumbar 2010 diharapkan tidak terjadi lagi.


DPT yang dibersihkan oleh DPT Tools akan digunakan pada Pilkada Sumbar 2010 yang direncanakan Agustus 2010 dan dilaksanakan serentak dengan 13 Pilkada kabupaten/kota meliputi, pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumbar periode 2010-2015, Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman, Pasaman Barat, 50 Kota, Tanah Datar dan Sijunjung.Kemudian pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan dan pemilihan Walikota/Wakil Walikota Bukittinggi serta Kota Solok.



(ANTARA | Martin Simamora)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget