Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Selasa, 19 Januari 2010

Perancis pun Ingatkan Warganya Agar Tidak Gunakan Internet Explorer


Setelah Pemerintah Jerman secara lugas dan tegas memperingatkan warganya untuk tidak menggunakan Internet Explorer versi manapun, kini langkah yang sama diambil oleh Pemerintah Perancis dengan mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakatnya untuk tidak menggunakan Internet Explorer hingga kerawanan keamanan yang terjadi teratasi oleh pihak Microsoft.

Graham Clueley seperti disitat dari Sophos (18/1) menyatakan, nampaknya seluruh Eropa akan mendorong secara luas penggunaan Firefox, Safari, Chrome dan browser lainnya non-Microsoft. Rawannya keamanan IE menyeruak manakala hacker melakukan serangan yang mengarah ke Google dan sejumlah perusahaan lainnya dalam serangan hacker berskala besar bernama "Operation Aurora" .

Seperti halnya Jerman yang merilis peringatan melalui instansi resminya BSI, pun demikian dengan Pemerintah Peracis melalui CERTA (Centre d'Expertise Gouvernemental de RĂ©ponse et de Traitement des Attaques informatique) merilis rekomendasi untuk tidak menggunakan IE hingga masalah keamanan yang menyelimuti IE teratasi.

Graham berpendapat memang menggunakan browser alternatif sambil menunggu Microsoft menutupi celah keamanannya, dapat menjadi solusi yang cukup manjur,namun bukanlah solusi yang terlalu jitu. Jika departemen TI anda tidak secara formal mendukung sebuah browser alternatif (non Microsoft), dan jika user tidak terbiasa menggunakannya maka bisa jadi akan muncul masalah besar lainnya.

Perusahaan atau lembaga mungkin memiliki aplikasi berbasis web yang tak bekerja dengan sempurna pada browser non IE atau bahkan tak berfungsi sama sekali, jika demikian maka mengalihkan ke browser alternatif menjadi kabar buruk bagi produktivitas. Lebih jauh lagi bagaimana jika pengalihan ke browser alternatif lainnya menimbulkan masalah keamanan lainnya, akankah beralih lagi?


Berkait hal ini, Graham menganjurkan, pengalihan ke browser alternatif hanya layak dilakukan bilamana pelaku atau institusi mengetahui dengan baik dan benar atas pilihan yang dibuat. Graham menduga bahwa Microsoft akan bekerja keras untuk merilis sebuah path yang akan menutupi kelemahan IE, sebelum masalah kemananan yang tergolong serius menghancurkan reputasi Internet Explorer yang sudah sangat terkenal.





Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget