Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Kamis, 21 Januari 2010

Jakarta Manfaatkan Satelit Untuk Telekomunikasi dan Deteksi Bahaya Banjir


Jakarta seolah tak mampu melepaskan diri dari belitan masalah banjir,pun proyek besar semacam Banjir Kanal Timur (BKT) tak lantas melenyapkan banjir yang memang memiliki akar masalah kompleks. Mau tak mau DKI tetap harus berjibaku mengatasinya agar Ibu Kota tak begitu saja "tenggelam" dan satu upaya canggih dilakukan oleh Pemkot Jakarta Selatan dengan menggunakan satelit.

Teknologi satelit digunakan untuk mendukung telekonfrensi yang akan merangkai kelurahan dan kecamatan yang memungkinkan Walikota Jakarta Selatan dapat melakukan pemantauan tingkat kesiagaan banjir di tingkat lurah dan camat, memperkuat mekanisme penyebaran informasi banjir dan gempa langsung ke telepon selular walikota.


Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi seperti disitat dari BeritaJakarta menuturkan, seluruh kecamatan di Jakarta Selatan bila terjadi banjir bandang kemungkinan besar akan terkena banjir. Bahkan sejumlah daerah yang berkatogori rawan banjir dapat terkena banjir sekalipun hujan tidak turun, sebagai dampak hujan di Bogor.


Wilayah Jakarta Selatan yang dikategorikan sebagai daerah rawan banjir adalah;Kelurahan Petogogan di Kecamatan Kebayoranbaru, Kelurahan Bintaro di Kecamatan Pesanggrahan, dan Kelurahan Bukitduri Kecamatan Tebet. Berkat teknologi satelit yang mendukung telekonfrensu maka walikota dapat berbicara langsung kepada para lurah dan camat, paparnya Kamis (21/1). Pemkot Jaksel selain menggunakan teknologi satelit juga menggunakan teknologi peta digital untuk mengetahui lokasi banjir dan memudahkan penaganan bencana, dan tentu saja melakukan persiapan fisik saja dengan melakukan normalisasi beberapa kali yang dangkal.

Antisipasi juga dilakukan dengan menyiapkan sistem pendeteksi dini banjir lewat jaringan satelit, sehingga memudahkan pemantauan kondisi wilayah yang terkena banjir dalam waktu yang singkat.


(foto/gambar : tehsusu.com/?p=426)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget