Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 20 Januari 2010

Inggris Lebih Lunak Menyikapi Celah Keamanan Internet Explorer


Pemerintah Inggris mengambil sikap yang lebih lunak dibandingkan dengan reaksi Pemerintah Jerman dan Pemerintah Perancis yang terbilang keras dengan mengeluarkan peringatan resmi agar tidak menggunakan Internet Explorer hingga masalah keamanan teratasi sepenuhnya. Inggris tak mengambil tindakan serupa namun tak mengurangi tingkat kewaspadaan terhadap risiko yang berpotensi muncul setiap saat.

Sementara itu Cliff Evans, Head of Security and Privacy di Microsoft UK memberi saran kepada masyarakat pengguna Interner Explorer untuk beralih dari IE versi 6 ke IE versi 8, seperti disitat dari Telegraph (19/1). Saran ini diharapkan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat Operation Aurora yang memunculkan respon Pemerintah Perancis yang merekomendasikan kepada para pengguna IE untuk beralih ke web browser lain seperti; Firefox atau Google Chrome, sebuah langkah yang terlebih dahulu dilakukan oleh Pemerintah Jerman.

Pemerintah Jerman dan Perancis bersikap demikian setelah terungkapnya celah keamanan yang serius pada IE yang dapat dieksploitasi para hacker dan pelaku kriminal cyber. Pemerintah Inggrsi melalui seorang Jubirnya pada British Cabinet Office menyatakan bahwa Inggris tidak akan mengambil tindakan serupa seperti mitranya Jerman dan Perancis.


Microsoft, minggu lalu, secara resmi telah mengakui bahwa IE memiliki keterkaitan tak langsung dengan serangkaian serangan hacker yang mencuri info akun email milik aktivis HAM di China. Microsoft pun menyatakan bahwa Pemerintah Jerman telah bertindak secara berlebihan menyikapinya sebab serangan tersebut tidak menyerang atau memanipulasi pengguna IE pada umumnya.


Cliff Evans pun menyatakan IE versi 8 adalah versi terbaru yang lebih aman sehingga sangat disarankan kepada semua pengguna IE versi lebih awal untuk segera beralih ke yang terbaru. Evans pun menandaskan bahwa jumlah eksploitasi yang terjadi terbilang minimal dan pada sasaran yang sangat khusus sehingga masyarakat umum seharusnya tak perlu khawatir dan sejauh ini tidak ada kasus yang terjadi di Inggris.


Microsoft akan terus melakukan pemuktahiran konfigurasi keamanan IE selama minggu ke-2 bulan depan, yang merupakan jadwal rutin. Tetapi Evans tak menampik bahwa Microsoft kemungkinan akan merilis sebuah tambahan update kemanan IE.





Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget