Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 25 Januari 2010

Depdagri Gandeng BPPT, ITB & LSN Untuk Melatih SDM SIAK

Adminduk mengungkapkan kini ada kurang lebih 8.000 personil yang menjalani pelatihan agar memiliki kompetensi dalam menjalankan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), hal ini sangat penting mengingat kompleksnya sistem, dan keandalan dan keakuratan data base kependudukan nasional menjadi hal yang teramat krusial.

Dirjen Administrasi Kependudukan (Adminduk) Irman mengatakan, seluruh SDM yang berasal dari lingkungan dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) di kabupaten/kota dan provinsi dilatih sehingga mampu menjalankan SIAK. Mereka bertanggungjawab mengelola data kependudukan mulai tingkat kecamatan hingga provinsi.


Depdagri menggandeng; Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Institut Teknologi Bandung (ITB), Lembaga Sandi Negara, dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) yang memiliki jaringan 700 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan akan melatih para operator SIAK di daerah-daerah.

Irman seperti disitat dari JawaPos mengungkapkan tidak akan sulit melatihnya sebab mereka sudah terbiasa mengurusi administrasi kependudukan, dan kini dilengkapi dengan kemampuan dan pemahaman teknologi SIAK. Database kependudukan adalah rahasia negara sehingga tak sembarang orang boleh mengakses data dan ruangan data base. gedung Adminduk di Jakarta Selatan pun dijaga ketat.







Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2014

Russia e-Government : One Click State

e-Government: have we forgotten of the public sector context?

Eight mega trends in e-government for the next eight years

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Fraunhofer Fokus : e-Government & Applications

Berita Terbaru


Get Widget