Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Senin, 04 Januari 2010

BPBD Bengkulu Gelar Empat Alat Deteksi Gempa & Tsunami

Provinsi Bengkulu pada penghujung 2009 lalu melengkapi dirinya dengan teknologi deteksi gempa dan tsunami. Tentunya sebagai provinsi yang berada di zona gempa berisiko tinggi  implementasi piranti teknologi  yang dapat mengurangi potensi jatuhnya korban jiwa dalam jumlah besar harus menjadi skala prioritas pemerintah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu  telah menempatkan  empat alat deteksi gempa dan tsunami yang terkoneksi dengan BMKG pusat.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Yohanes Noor mengungkapkan, "Empat alat tersebut sudah terpasang di atas menara, salah satunya di belakang kantor Kesbanglinmaspol di lingkungan kantor gubernur," jelasnya pada Selasa (15/12) lalu dan seperti dilansir dari MediaIndonesia, empat alat tersebut  masing-masing dua unit sistem peringatan dini tsunami atau “early warning system” berupa sirine dan pendeteksi gempa bumi.

Dua sirine yang diinstal di  menara yang berfungsi  sebagai  pendeteksi tsunami  ditempatkan di kawasan  Pantai Panjang,  kawasan Sport Center dan di lingkungan kantor gubernur

Suara sirine dapat  menjangkau  hingga radius 2,5 km hingga 3 km, terkoneksi dengan BMKG pusat sehingga kendali atau aktivasi sirine dilakukan oleh  petugas BMKG di Jakarta. Kepala BMKG Stasiun Geologi Kepahiang Dadang Permana menambahkan, "Sementara dua alat pendeteksi gempa lainnya ditempatkan di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu dan satu unit ditempatkan di BMKG Stasiun Geologi Kepahiang.”

Instrumen deteksi bencana menurut  Dadang merupakan bantuan Korea dan memiliki kemampuan mendeteksi seluruh gempa dan potensi tsunami yang terjadi di seluruh tanah air.  Bahkan teknologi ini  dalam kerjanya terkoneksi dengan seluruh provider telepon seluler sehingga saat gempa terjadi secara otomatis diinformasikan ke seluruh pelanggan sehingga penyebarluasan atau diseminasi informasi gempa dan tsunami bisa dilakukan dengan cepat dan efektif.

Selain Provinsi Bengkulu, daerah lainnya  yang menerima bantuan sejenis adalah; Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget