Editor : Martin Simamora, S.IP |Martin Simamora Press

Rabu, 27 Januari 2010

Australia Mulai Bangun Smart City-Smart Grid


Kota pintar atau kota cerdas berbasis TIK dan kemajuan teknologi hijau akan segera dibangun oleh Australia, sebagai langkah serius pemerintah negara Kangguru untuk menekan emisi karbondioksida (C02) yang berdampak pada pemburukan iklim dunia. Pemerintahan Australia telah melakukan komitmen anggaran yang besarnya dapat mencapai 100 juta dolar Australia.

Inisiatif Smart City-Smart Grid akan mendemonstrasikan kemitraan yang kuat dengan sektor energi dan mendukung upaya perdana istalasi Smart Grid berskala Autralia, mengikuti langkah serupa yang telah lebih dulu dilakukan oleh Eropa dan AS. Smart Grid mengombinasikan tenologi komunikasi tingkat lanjut, inderaja dan dan infrastruktur pengukuran (smart metering) yang terjalin dengan jaringan energi yang ada saat ini. Inisiatif ini akan memungkinkan pemaduan beragam aplikasi yang dapat menghasilkan jaringan listrik yang efisiensi,unggul, dan mudah dimanfaatkan.

Infrastruktur Smart Grid akan menggunakan ; berbagai sensor, pengukuran, intrumen digital, berbagai instrumen digital dan analisis untuk mengotomatisasi, memonitor dan mengontrol 2way flow daya listrik dar pembangkit listrik ke rumah-rumah. Smart Grid diyakini berpotensi mentransformasi cara penggunaan energi di rumah dan bisnis.

Infrastruktur Smart Grid dapat mengindentifikasi dan memperbaiki kerusakan pada grid listrik, secara otomatis memperbaiki kerusakan pada grid atu jaringan,mengelola voltases dan mengenali infrastruktur yang memerlukan pemeliharaan. Smart Grid juga dapat membantu konsumen mengelola penggunaan listriknya dan memungkinkan rumah tangga melaukan efisiensi listrik pada berbagai perabot rumah tangga berteknologi cerdas yang dapat diprogram tak beroperasi saat listrik berada di posisi konsumsi puncak.


Implementasi Smart City-Smart Grid dilaksanakan oleh Department of the Environment, Water, Heritage and the Arts dan berkonsultasi langsung dengan Departemen Perdana Menteri dan kabinet, Department of Broadband, Communication and the Digital Economy, Departement of Resources, Energy and Tourism untuk menghasilkan mode operasionalisasi terbaik atau best practice.


Program kompleks berteknologi maju yang mengusung penyelematan lingkungan dari pencemaran dan perusakan yang lebih berat, menjadikan Australia berada di garis depan upaya global penggunaan energi secara lebih efisien, menjamin keandalam jaringan dan memerangi dampak buruk perubahan iklim. Smart City- Smart Grid sebagaimana dinyatakan oleh www.environment.gov.au akan beroperasi secara integral berskala komersial (aktual) dan akan menginformasikan kepada sektor bisnis, peluang investasi yang lebih luas bagi industri di sektor Smart Grid.


Smart City-Smart Grid akan memadukan berbagai teknologi inovatif dan mendemonstrasikan potensi Smart Grid untuk memonitor suplai listrik, mengatasi kebutuhan puncak listrik dan membantu konsumen listrik dengan serangkaian informasi yang membantu konsumen untuk melakukan pilihan penggunaan listrik.

Proyek ini akan menghasilkan serangkaian data komprehensif mengenai berbagai potensi keuntungan yang diperoleh dari berbagai perangkat Smart Grid, perbaikan jaringan, dan efisiensi teknologi serta menghasilkan informasi menyeluruh berupa pengetahuan perilaku konsumen pengguna listrik. Hal ini diantisipasi dengan data interim dan hasilnya dapat diperoleh oleh publik selama proyek dilangsungkan, sehingga menjadi pelajaran penting bagi perusahaan listrik lainnya dalam mengembangkan Smart Grid dan membantu industri mengembangkan berbagai teknologi Smart Grid.

Smart Grid-Smart City akan mendemonstrasikan kapasitas sebuah smart grid mengintegrasikan kelistrikan dari sumber energi terbarui dan terdistribusi, seperti tenaga angin dan Matahari secara lebih efektif kedalam jaringan distribusi listrik yang telah ada. Data akan mengeksplorasi kapasitas seluruh Smart Grid yang memungkinkan penciptaan generasi integrasi dan distribusi yang lebih baik, penyimpan distribusi listrik dan titik penyedia daya listrik bagi kendaraan bertenaga listrik, sehingga menyalurkan secara lebih baik daya listrik pendukung grid.


(Foto/Gambar ilustrasi : Sumber : Smart Grid di AS- www.washingtonpost.com)



Tidak ada komentar:

Corruption Perceptions Index 2018

Why China is building islands in the South China Sea

INDONESIA NEW CAPITAL CITY

World Economic Forum : Smart Grids Explained

Berita Terbaru


Get Widget